AS Tetapkan Banyak Syarat bagi India untuk Beli Minyak Rusia

Minggu, 13 November 2022 - 00:15 WIB
loading...
AS Tetapkan Banyak Syarat bagi India untuk Beli Minyak Rusia
Menteri Keuangan AS Janet Yellen bertemu Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman pada Jumat (11/11/2022). Foto/finminindia
A A A
NEW DELHI - Amerika Serikat (AS)telah memberikan restu kepada India untuk terus membeli minyak Rusia sebanyak yang diinginkannya.

Bahkan India diizinkan membeli dengan harga yang melebihi harga yang ditetapkan oleh mekanisme pembatasan yang diberlakukan G7.

Meski demikian, India harus memenuhi sejumlah syarat seperti menggunakan asuransi, layanan keuangan, dan layanan maritim Barat untuk transaksinya.

“Minyak mentah Rusia akan dijual dengan harga murah, dan kami senang India mendapatkan tawaran itu atau Afrika atau China," ungkap Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengatakan kepada Reuters di New Delhi, saat dia bertemu Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman pada Jumat (11/11/2022).



Yellen berpendapat, begitu Uni Eropa menghentikan semua impor minyak Rusia bulan depan, Moskow akan dipaksa menerima harga yang dibatasi atau diskon signifikan dari harga pasar.

“Rusia akan merasa sangat sulit untuk melanjutkan pengiriman minyak sebanyak yang mereka lakukan ketika UE berhenti membeli minyak Rusia,” ujar Yellen.

Dia menambahkan, “Mereka akan sangat mencari pembeli, dan banyak pembeli bergantung pada layanan Barat.”

Sanksi akan membatasi ketersediaan layanan tersebut kepada pembeli yang mematuhi batas harga.

“Mekanisme tersebut akan memberi India dan negara-negara lain yang beroperasi di luar batas atas, pengaruh yang lebih besar untuk menekan harga minyak yang mereka bayar,” papar Yellen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)