Ukraina Rayakan Kekalahan Perang Rusia di Kherson

Sabtu, 12 November 2022 - 08:08 WIB
loading...
Ukraina Rayakan Kekalahan Perang Rusia di Kherson
Rakyat Ukraina merayakan kekalahan perang Rusia di Kherson. Foto/REUTERS
A A A
KHERSON - Rusia menarik mundur seluruh tentaranya dari Kherson, menjadi kekalahan perang yang memalukan bagi Presiden Vladimir Putin. Tentara dan rakyat Ukraina merayakan momen tersebut dengan gembira.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat mengumumkan bahwa seluruh tentara Moskow sudah ditarik dari Kherson, wilayah di Ukraina selatan yang sebelumnya dicaplok Kremlin.

Beberapa video perayaan menunjukkan penduduk Kherson tumpah ruah di jalan-jalan, mengibarkan bendera nasional Ukraina dan bernyanyi ketika pasukan Kiev tiba.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Kherson adalah "kota kami".



Kherson adalah satu-satunya ibu kota regional yang diambil oleh Rusia setelah invasi Februari. Mundurnya pasukan Moskow telah dipandang sebagai salah satu kemunduran terbesarnya dalam perang.

Moskow mengatakan 30.000 personel telah dibawa keluar dari daerah itu, begitu juga dengan sekitar 5.000 perangkat keras militer, persenjataan, dan aset lainnya.

Update malam dari pihak Ukraina mengatakan pasukannya telah maju hingga ke tepi barat sungai Dnipro.

Foto-foto yang beredar pada Jumat menunjukkan bahwa penyeberangan sungai utama—Jembatan Antonivsky—sebagian runtuh. Masih belum jelas bagaimana kerusakan itu terjadi.

Pasukan Rusia yang menduduki Kherson diperkirakan akan mengambil posisi baru di sisi timur sungai.

Seorang warga Kherson menggambarkan emosinya yang "luar biasa" ketika orang-orang muncul bernyanyi dan menari di jalanan.

Alexei Sandakov, warga setempat, mengatakan kepada BBC, yang dilansir Sabtu (12/11/2022) bahwa Kherson sekarang bebas. "Ini berbeda. Semua orang menangis sejak pagi ini," katanya.

"Semua orang ingin merangkul tentara Ukraina yang tiba," ujarnya.

Perubahan kontrol kota itu menyusul serangan balasan Ukraina yang cepat dalam beberapa bulan terakhir, di mana Kiev mengatakan telah merebut kembali 41 pemukiman di dekat Kherson.

Dalam pidato malamnya, Presiden Zelensky mengatakan orang-orang Kherson menunggu dan tidak pernah putus asa pada pasukan Ukraina.

Dia menambahkan bahwa penduduk telah bekerja untuk menghilangkan "jejak tinggal penjajah" dari jalan-jalan, termasuk simbol-simbol Rusia.

Sementara itu, juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov, membantah bahwa mundurnya pasukan Moskow mewakili kekalahan perang yang memalukan.

Selama berminggu-minggu, Kremlin telah menganggap Kherson dan wilayahnya sebagai wilayahnya sendiri, setelah menjalankan apa yang disebut "referendum" di empat provinsi yang diduduki di timur dan selatan Ukraina.

Suara-suara ini secara luas didiskreditkan oleh komunitas internasional, dan Ukraina terus berupaya untuk mengambil kembali wilayah-wilayah yang terkena dampak.

Penarikan pasukan Rusia dari Kherson diumumkan pada hari Rabu oleh komandan perangnya di Ukraina, yang mengatakan tidak mungkin lagi memasok untuk kota itu.

Meskipun ada sedikit bukti mundurnya Rusia pada hari Kamis, Ukraina mengeklaim kemajuan hingga 7 km dengan dua sumbu saat pasukannya maju.

Namun, perubahan datang dengan cepat pada hari Jumat. Laporan awal bahwa Rusia telah meninggalkan Kherson datang dari penduduk setempat.

Kerumunan warga sipil yang mengibarkan bendera kemudian difilmkan di Lapangan Kebebasan, menyapa tentara Kiev dan meneriakkan: "Kemuliaan bagi Angkatan Bersenjata Ukraina!"

Pada Jumat sore, Alexei Sandakov tampaknya masih beradaptasi dengan situasi baru di lapangan, berkomentar: "Tidak ada yang akan tidur malam ini."

Pasukan Ukraina melangkah dengan hati-hati di tengah kekhawatiran bahwa itu akan menjadi jebakan Rusia. Demikian disampaikan Yuriy Sak, penasihat menteri pertahanan Ukraina.

Sak mengatakan kepada BBC bahwa beberapa tentara musuh diyakini berlama-lama di kota, telah menanggalkan seragam mereka dan berusaha menyamar sebagai warga sipil. Dia mendesak mereka untuk menyerah.

Dia memuji perebutan kembali Kherson sebagai kemenangan besar yang sebanding dengan upaya sukses timnya sebelumnya dalam perang untuk mengusir pasukan Rusia dari pusat kota lainnya—yaitu Kiev, Chernihiv dan Kharkiv.

Namun dia mengatakan dia tetap "hati-hati", mengutip kemungkinan pembalasan Rusia, dan mengacu pada serangan rudal di Mykolaiv pada hari sebelumnya, yang diduga menewaskan sedikitnya tujuh orang.

Sak bersumpah untuk merebut kembali wilayah lebih jauh dari Rusia, termasuk tanah yang telah diduduki oleh negara tetangga sejak 2014.

Di Rusia, keluarnya pasukan Moskow dari Kherson telah diremehkan oleh para pejabat dan diklaim sebagai taktik mengulur waktu untuk "penempatan kembali".

Presiden Rusia Vladimir Putin absen dari pengumuman pada hari Rabu tentang mundurnya tentara Rusia dari Kherson. Belum jelas mengapa Putin tidak muncul.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)