Tak Cuma Rusia, Jenderal AS Juga Sebut 100 Ribu Tentara Ukraina Tewas dan Luka

Kamis, 10 November 2022 - 15:27 WIB
loading...
Tak Cuma Rusia, Jenderal AS Juga Sebut 100 Ribu Tentara Ukraina Tewas dan Luka
Jenderal AS Mark Milley menyebut 100 ribu tentara Ukraina tewas dan terluka dalam perang dengan Rusia. Foto/BBC
A A A
WASHINGTON - Jenderal senior Amerika Serikat (AS) memperkirakan bahwa sekitar 100.000 tentara Rusia dan 100.000 Ukraina telah tewas atau terluka dalam perang di Ukraina.

Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan AS, juga menyatakan bahwa sekitar 40.000 warga sipil tewas setelah terjebak dalam konflik.

Perkiraan tersebut adalah yang tertinggi yang ditawarkan oleh pejabat Barat.

Tapi dia mengamati bahwa tanda-tanda Kiev bersedia untuk kembali melakukan pembicaraan dengan Moskow menawarkan "jendela" untuk negosiasi.

Dalam beberapa hari terakhir, Ukraina telah mengisyaratkan kesediaan untuk mengadakan beberapa diskusi dengan Moskow, setelah Presiden Volodymyr Zelensky membatalkan tuntutan bahwa lawannya, Vladimir Putin, harus dicopot dari kekuasaan sebelum negosiasi dapat dilanjutkan.

Tetapi berbicara di New York, Jenderal Milley menambahkan bahwa agar setiap pembicaraan berhasil, baik Rusia dan Ukraina harus mencapai "pengakuan bersama" bahwa kemenangan masa perang mungkin tidak dapat dicapai melalui cara militer.



"Oleh karena itu Anda perlu beralih ke sarana lain," ujarnya seperti dikutip dari BBC, Kamis (10/11/2022).

Jenderal tertinggi AS itu - yang menjabat sebagai penasihat militer paling senior Presiden Joe Biden - mengatakan skala korban dapat meyakinkan Moskow dan Kiev tentang perlunya bernegosiasi selama bulan-bulan musim dingin mendatang, ketika pertempuran mungkin melambat karena kondisi beku.

"Anda melihat lebih dari 100.000 tentara Rusia tewas dan terluka," kata Jenderal Milley. "Hal yang sama mungkin di pihak Ukraina," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)