Korea Utara Akui Tes Rudalnya sebagai Latihan Menyerang Korsel dan AS

Senin, 07 November 2022 - 21:00 WIB
loading...
A A A
“Operasi militer yang sesuai baru-baru ini oleh Tentara Rakyat Korea adalah jawaban yang jelas dari (Korea Utara) bahwa semakin gigih gerakan militer provokatif musuh berlanjut, semakin teliti dan tanpa ampun KPA akan melawan mereka,” ungkap pernyataan Staf Umum militer Korea Utara.

Dikatakan tes senjata melibatkan rudal balistik yang sarat dengan hulu ledak dispersi dan hulu ledak infiltrasi bawah tanah yang dimaksudkan untuk meluncurkan serangan ke pangkalan udara musuh; rudal darat-ke-udara yang dirancang untuk “memusnahkan” pesawat musuh pada ketinggian dan jarak yang berbeda; dan rudal jelajah strategis yang jatuh di perairan internasional sekitar 80 kilometer di lepas pantai tenggara kota Ulsan di Korea Selatan.

Militer Korut mengatakan pihaknya juga melakukan uji coba penting rudal balistik dengan hulu ledak fungsional khusus yang ditugaskan untuk melumpuhkan sistem komando operasi musuh.

Ini bisa berarti simulasi serangan pulsa elektromagnetik, tetapi beberapa pengamat meragukan apakah Korea Utara telah menguasai teknologi utama untuk mendapatkan kemampuan serangan seperti itu.

Pernyataan militer Korea Utara tidak secara eksplisit menyebutkan peluncuran rudal balistik antarbenua yang dilaporkan pada Kamis yang ditujukan untuk menghantam daratan AS, meskipun surat kabar utamanya menerbitkan foto rudal mirip ICBM sebagai salah satu senjata yang dimobilisasi selama kegiatan pengujian pekan lalu.

Beberapa ahli mengatakan banyak rudal Korea Utara lainnya yang diluncurkan pekan lalu adalah senjata berkemampuan nuklir jarak pendek yang menempatkan target militer utama di Korea Selatan, termasuk pangkalan militer AS di sana, dalam jangkauan serangan.

Kemudian Senin, militer Korea Selatan membantah beberapa laporan Korea Utara tentang uji coba misilnya.

Juru bicara Kim Jun-rak mengatakan Korea Selatan tidak mendeteksi peluncuran rudal jelajah Korea Utara dan juga penting bahwa Korea Utara tidak menyebutkan apa yang dinilai Seoul sebagai penerbangan abnormal oleh ICBM.

Latihan angkatan udara “Vigilant Storm” tahun ini antara Amerika Serikat dan Korea Selatan adalah yang terbesar untuk manuver musim gugur tahunan.

Latihan tersebut melibatkan 240 pesawat tempur termasuk jet tempur canggih F-35 dari kedua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)