Netanyahu Kembali Berkuasa, Bahrain Pastikan Akan Terus Bangun Kemitraan dengan Israel

Minggu, 06 November 2022 - 22:30 WIB
loading...
Netanyahu Kembali Berkuasa, Bahrain Pastikan Akan Terus Bangun Kemitraan dengan Israel
Ilustrasi
A A A
MANAMAH - Bahrain akan terus membangun hubungannya dengan Israel , setelah mantan perdana menteri Benjamin Netanyahu dan sekutu sayap kanannya menang dalam pemilihan umum Israel. Hal itu diungkapkan penasihat diplomatik raja Bahrain, Sabtu (5/11/2022).

Para pemimpin Arab sebagian besar diam tentang kemenangan Netanyahu, yang catatan oposisi garis kerasnya terhadap kekuatan Muslim Syiah Iran telah membantu menjalin hubungan dengan para pemimpin Teluk Muslim Sunni.



Israel, di bawah pemerintahan Netanyahu pada tahun 2020, menormalkan hubungan dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain - di mana kekhawatiran atas pengaruh regional Iran mendominasi strategi keamanan - di bawah pakta yang ditengahi AS yang disebut Kesepakatan Abraham.

Penasihat diplomatik, Sheikh Khalid bin Ahmed Al Khalifa, mengatakan, kemenangan Netanyahu adalah “normal dan selalu diharapkan.”

"Kami memiliki kesepakatan dengan Israel, bagian dari Kesepakatan Abraham, dan kami akan tetap pada kesepakatan kami dan kami berharap itu akan berlanjut di jalur yang sama dan terus membangun kemitraan kami bersama," katanya kepada wartawan, seperti dikutip dari Al Arabiya.

“Kami ingin menjadi contoh dan berhasil bersama-sama dan menghadapi semua ancaman,” lanjutnya, menanggapi pertanyaan tentang pendekatan regional multilateral terhadap keamanan yang mencakup Israel.



Para pejabat AS dan Israel mengemukakan gagasan tentang sistem pertahanan udara Timur Tengah yang terintegrasi selama perjalanan Presiden AS Joe Biden pada bulan Juli ke Israel dan Arab Saudi, yang memberkati Perjanjian Abraham tetapi belum secara resmi mengakui Israel.

“Kami ingin memastikan bahwa kami tidak harus mencapai hari di mana kami akan menghadapi beberapa penurunan keamanan di kawasan dalam bentuk apa pun,” kata Sheikh Khalid, yang negaranya merupakan rumah bagi Armada Kelima Angkatan Laut AS.

“Kami ingin kawasan itu mencapai kesepakatan di antara semua negara dan setuju terhadap segala bentuk permusuhan dari pihak mana pun ke pihak lain mana pun,” tambahnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)