Usai Iran, Giliran Korut Dituduh Pasok Senjata ke Rusia untuk Gempur Ukraina

Kamis, 03 November 2022 - 08:46 WIB
loading...
Usai Iran, Giliran Korut Dituduh Pasok Senjata ke Rusia untuk Gempur Ukraina
Korea Utara dituduh Amerika Serikat telah memasok senjata ke Rusia untuk membantu perang Moskow di Ukraina. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
WASHINGTON - Setelah Iran, kini giliran Korea Utara (Korut) dituduh memasok senjata ke Rusia untuk membantu perang Moskow di Ukraina .

Tuduhan ini datang dari Amerika Serikat (AS). Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan Washington memiliki informasi yang mengindikasikan Pyongyang secara diam-diam memasok peluru artileri dalam jumlah signifikan ke Moskow.

"Korea Utara berusaha membuatnya tampak seolah-olah [senjata] mereka dikirim ke negara-negara di Timur Tengah atau Afrika Utara," kata Kirby, seperti dikutip AP, Kamis (3/11/2022).

Dia menolak untuk memberikan perkiraan spesifik tentang jumlah amunisi yang dikirim untuk mendukung perang Rusia, tetapi mencatat bahwa AS tidak percaya jumlah amunisi tersebut akan mengubah momentum perang di Ukraina.



Para pejabat AS percaya bahwa pengiriman senjata-senjata tersebut, di mana drone yang diperoleh Rusia dari Iran, menunjukkan bahwa perang yang kejam dan sanksi Barat telah melemahkan persenjataan dan kemampuan Rusia untuk memproduksi senjata baru.

“Ketika [Presiden Rusia Vladimir Putin] terus kehilangan tempat, kehilangan tentara, kehilangan momentum, dia mencapai di luar perbatasannya,” kata Kirby.

“Itu pertanda kedua isolasi itu terus dia rasakan secara ekonomi. Pangkalan industri pertahanannya sendiri tidak dapat mengimbangi kecepatan penggunaan persenjataannya di Ukraina.”

Setelah Gedung Putih memperingatkan bahwa Rusia mungkin mencari senjata baru ke Korea Utara, Pyongyang pada bulan September membantah telah atau akan melakukannya.

Pada hari Rabu, Gedung Putih tidak memberikan bukti untuk mendukung tuduhan baru atau menjawab pertanyaan tentang berapa banyak senjata yang terlibat, bagaimana senjata itu dikirim atau bagaimana AS akan merespons.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)