Jenderal-jenderal Rusia Telah Bahas Kapan Gunakan Bom Nuklir di Ukraina

Kamis, 03 November 2022 - 06:59 WIB
loading...
Jenderal-jenderal Rusia Telah Bahas Kapan Gunakan Bom Nuklir di Ukraina
Laporan New York Times sebut para jenderal Rusia telah membahas kapan dan dalam situasi apa Moskow akan menggunakan bom nuklir di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Para jenderal militer Rusia telah membahas kapan dan dalam situasi apa Moskow akan menggunakan bom nuklir taktis di Ukraina .

Itu diungkap New York Times dalam laporannya hari Rabu (2/11/2022), mengutip para pejabat senior Amerika yang mendapat data intelijen.

Laporan itu telah menimbulkan kekhawatiran di pemerintahan Joe Biden.

Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia akan bersedia menggunakan senjata nuklir taktis, yang dirancang untuk digunakan di medan perang, untuk mempertahankan wilayah Rusia.



Dia menganggap empat wilayah Ukraina yang dianeksasi melalui referendum yang dikecam secara internasional sebagai bagian dari wilayah Rusia.

Laporan New York Times menyebutkan bahwa percakapan para jenderal Rusia tersebut menunjukkan rasa frustrasi mereka dengan kurangnya keberhasilan Rusia di medan perang Ukraina dan menunjukkan bahwa Putin mungkin tidak hanya membuat ancaman.

Kendati demikian, para pejabat Amerika mengatakan kepada media tersebut bahwa tidak ada bukti Rusia memindahkan senjata nuklir atau mengambil langkah-langkah lain untuk mempersiapkan peluncuran serangan nuklir.

juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan Amerika mempertimbangkan kemungkinan itu sangat prihatin dan menganggapnya serius, tetapi belum melihat indikasi apa pun bahwa Rusia sebenarnya bersiap untuk menggunakan senjata atom.

Putin mengatakan pekan lalu bahwa Rusia tidak berencana untuk menggunakan senjata nuklir di Ukraina terlepas dari ancaman sebelumnya, tetapi Presiden Biden mempertanyakan niat Putin itu dalam sebuah wawancara dengan Reshad Hudson dari Nexstar.

"Jika dia tidak punya niat, mengapa dia terus membicarakannya?" kata Biden.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)