7 Negara Paling Terbelakang di Dunia, Mayoritas Ada di Afrika

Rabu, 02 November 2022 - 18:00 WIB
loading...
7 Negara Paling Terbelakang di Dunia, Mayoritas Ada di Afrika
7 Negara Paling Terbelakang di Dunia, Mayoritas Ada di Afrika. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Negara terbelakang adalah negara dengan kemiskinan yang kronis dan pertumbuhan ekonominya kurang baik. Istilah ‘negara terbelakang’ ini sebenarnya tidak resmi digunakan, namun yang masuk dalam daftar ini yaitu negara yang tidak termasuk dalam klasifikasi negara berkembang atau negara kurang berkembang.

Negara terbelakang disebut sebagai negara berpenghasilan rendah oleh Bank Dunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan daftar negara yang terbelakang, terdiri dari 46 negara di dunia. Berikut daftar 7 negara di dunia paling terbelakang sekaligus paling miskin di dunia.

Baca: Di Negara Miskin Ini, Para Wanita Barter Makanan dengan Layanan Seks

1. Burundi
Burundi termasuk negara yang terbelakang di dunia menurut daftar yang dikeluarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Masalah utama pada negara ini yaitu kelangkaan pangan yang dirasakan penduduknya.

Sekitar 90% dari 12 juta penduduknya bergantung pada pertanian subsisten dan sebagian besar hidup dalam kemiskinan. Fasilitas air jenis dan listrik juga masih sangat sedikit di negara ini. Kondisi diperparah dengan adanya pandemi dan perang di Ukraina.

2. Sudan
Sudan Selatan merupakan negara baru yang berada di kawasan Afrika Utara. Negara ini baru resmi berdiri pada 9 Juli 2011, enam tahun setelah berakhirnya konflik saudara di Sudan. Sudan Selatan tergolong negara yang terbelakang.

Sebenarnya bisa saja negara ini menjadi negara berkembang dengan kekayaan sumber dayanya. Namun, faktanya berbanding terbalik, kekayaan alam Sudan Selatan tidak mendorong kemajuan negara ini, yang terjadi malah perpecahan sosial dan politik, korupsi hingga kurang pertumbuhan ekonomi. Sudan Selatan merupakan salah satu negara yang terbelakang.

Baca: Negara Afrika Ini Umumkan Darurat Pangan, Desak Bantuan Internasional

3. Afrika Tengah
Republik Afrika Tengah diklaim sebagai salah satu negara termiskin di dunia. Ada sekitar 70% penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Terjadinya perang Ukraina memperburuk situasi ekonomi negara ini.

Bahan pangan dan kebutuhan pokok naik. Afrika Tengah menghadapi tingkat kerawanan pangan terparah sepanjang sejarah negara itu. Tak heran, negara ini termasuk salah satu negara yang terbelakang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1446 seconds (10.101#12.26)