Israel Gelar Pemilu Kelima dalam Waktu Kurang dari 4 Tahun

Selasa, 01 November 2022 - 22:01 WIB
loading...
Israel Gelar Pemilu Kelima dalam Waktu Kurang dari 4 Tahun
Seorang Yahudi Ultra-Ortodoks berada di bilik suara tempat pemungutan suara di Yerusalem, Israel, 1 November 2022. Foto/REUTERS/Ronen Zvulun
A A A
TEL AVIV - Israel mengadakan pemilu parlemen pada Selasa (1/11/2022). Ini menjadi pemilu kelima dalam waktu kurang dari empat tahun.

Partai-partai politik berharap dapat memecahkan kebuntuan pemerintahan dan mengakhiri krisis politik berkepanjangan.

Menurut jajak pendapat terakhir, yang dirilis empat hari sebelum pemungutan suara, blok partai oposisi yang dipimpin mantan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu diperkirakan meraih 60 kursi di Knesset, parlemen Israel. Jumlah itu kurang satu kursi dari mayoritas parlemen.

Baca juga: Kapal Rusia Diserang Drone, Moskow Tutup Koridor Gandum Laut Hitam

Saingan utamanya, Perdana Menteri Yair Lapid, dan koalisi yang dipimpinnya, diproyeksikan meraih 56 kursi.

“Jumlah pemilih mencapai 15,9% pada pukul 10 pagi waktu setempat,” ungkap Ketua Komite Pemilihan Pusat Orly Ades, tingkat partisipasi tertinggi sejak 1981, menurut Times of Israel.

Netanyahu, perdana menteri terlama di negara itu, yang memerintah pada 1990-an dan kemudian dari 2009 hingga 2021, digulingkan dari kekuasaan tahun lalu.

Baca juga: Anggota NATO Tingkatkan Level Siaga Militer karena Rusia

Pemerintahan baru dibentuk di bawah kesepakatan multipartai yang dipelopori Partai Yesh-Atid Lapid dan Yamina pimpinan Naftali Bennett.

Kabinet termasuk anggota dari spektrum yang luas dari ideologi politik, dengan Bennett dan Lapid memimpin sebagai Perdana Menteri bergantian.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1410 seconds (10.55#12.26)