AS Hendak Kerahkan Pesawat Pengebom Nuklir ke Australia, China Marah

Selasa, 01 November 2022 - 11:57 WIB
loading...
AS Hendak Kerahkan Pesawat Pengebom Nuklir ke Australia, China Marah
Rencana AS untuk mengerahkan pesawat pengebom nuklir B-52 ke Australia telah membuat China marah. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China marah atas rencana Amerika Serikat (AS) mengerahkan pesawat pengebom nuklir B-52 ke Australia. Menurut Beijing, langkah Washington ini akan memicu perlombaan senjata di kawasan regional.

Menurut program investigasi "Four Corners" ABC yang ditayangkan hari Senin, Washington telah menyusun rencana untuk membangun sebuah "fasilitas operasi skuadron" khusus di pangkalan udara Tindal di selatan Darwin yang akan menampung enam pesawat pengebom B-52.

Pesawat ini mampu mengirimkan senjata nuklir dan konvensional, dengan jangkauan tempur lebih dari 14.000 km.



Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan dengan mengirim pesawat pengebom ke Australia, AS telah meningkatkan ketegangan regional.

"Secara serius merusak perdamaian dan stabilitas regional, dan dapat memicu perlombaan senjata regional," katanya, seperti dikutip news.com.au, Selasa (1/11/2022).

“Kerja sama pertahanan dan keamanan antara negara mana pun harus kondusif bagi perdamaian dan stabilitas regional dan tidak menargetkan atau merugikan kepentingan pihak ketiga,” lanjut dia kepada wartawan di Beijing.

Zhao mengatakan Beijing mendesak semua negara yang terkait untuk meninggalkan pemikiran zero-sum Perang Dingin yang usang dan konsep geopolitik yang sempit.

"Fokusnya seharusnya lebih berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas regional dan meningkatkan rasa saling percaya," katanya.

Hu Xijin, mantan pemimpin redaksi Global Times yang dikelola Partai Komunis China (PKC) mengeluarkan peringatan yang tidak menyenangkan kepada Australia.

Menurutnya, Australia perlu menanggung risiko dari langkah Amerika tersebut.

“Rudal Dongfeng PLA pasti terbang lebih cepat daripada pesawat pengebom B-52,” tulis Hu di Twitter.

“Jika Australia ingin menjadi 'Guam besar', maka Australia harus menanggung risiko strategis yang setimpal," lanjut dia.

Dokumen yang diperoleh Four Corners menunjukkan fasilitas yang direncanakan, yang akan mencakup area parkir dan pusat pemeliharaan yang berdampingan, akan digunakan untuk skuadron B-52 yang dikerahkan.

“Kemampuan untuk mengerahkan pesawat pengebom Angkatan Udara AS ke Australia mengirimkan pesan yang kuat kepada musuh tentang kemampuan kami untuk memproyeksikan kekuatan udara yang mematikan,” kata Angkatan Udara AS pada program tersebut.

Menurut program investigasi itu, rencana pangkalan udara Tindal—diperkirakan menelan biaya hingga USD100 juta dan selesai pada tahun 2026—adalah bagian dari upgrade aset pertahanan yang jauh lebih besar di seluruh Australia utara, termasuk pangkalan mata-mata Pine Gap.

Departemen Pertahanan mengonfirmasi bahwa AS mendanai sebuah proyek untuk membangun apron parkir pesawat di Pangkalan Tindal, yang mampu menampung hingga enam pesawat B-52 dan jenis pesawat lainnya.

“Proyek ini menyediakan fungsionalitas untuk penggunaan Angkatan Pertahanan Australia dan juga dapat menampung jenis pesawat lain, meningkatkan kapasitas kami untuk berlatih dengan dan menjadi tuan rumah mitra internasional,” kata seorang juru bicara departemen tersebut.

“Pesawat pengebom Amerika Serikat, termasuk B-52, telah mengunjungi Australia sejak awal 1980-an dan melakukan pelatihan di Australia sejak 2005. Setiap rotasi masa depan pesawat B-52 AS di Australia akan konsisten dengan tujuan lama US Force Posture. Inisiatif, yang mencakup peningkatan interoperabilitas antara angkatan bersenjata Australia dan AS melalui pelatihan," imbuh dia.

Aktivis anti-nuklir Richard Tanter dari Institut Nautilus mengatakan kepada Four Corners bahwa langkah AS itu sangat memperluas komitmen Australia terhadap perang AS dengan China.

“Itu pertanda bagi orang China bahwa kami bersedia menjadi ujung tombak,” katanya.

“Sangat sulit untuk memikirkan komitmen yang lebih terbuka yang bisa kami buat. Sinyal yang lebih terbuka kepada China bahwa kita akan mengikuti rencana Amerika untuk perang dengan China.”

Dr Malcolm Davis, seorang analis senior di Institut Kebijakan Strategis Australia, berpendapat itu adalah langkah yang masuk akal mengingat meningkatnya risiko invasi China ke Taiwan.

“Penting bagi Australia untuk melangkah mendukung perluasan pencegahan nuklir AS dengan cara-cara baru, untuk memperkuat pencegahan terpadu di Indo-Pasifik, dan berbagi beban dengan AS untuk mencegah China menggunakan kekuatan untuk menyelesaikan sengketa teritorial,” tulis Davis di Twitter.

“Menjadi tuan rumah B-52 merupakan langkah nyata dari komitmen Australia terhadap aliansi strategis AS-Australia yang sangat vital bagi pertahanan dan keamanan nasional kami.”

Rencana tersebut diisyaratkan dalam pertemuan tahunan Menteri Australia-Amerika Serikat (AUSMIN) tahun lalu, di mana disepakati untuk kerja sama udara yang ditingkatkan yang akan melihat pengerahan rotasi pesawat AS dari semua jenis di Australia, meskipun B- 52 tidak disebutkan secara eksplisit.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)