Bak Ular Besi, Kereta Terpanjang di Dunia Ini Meliuk di Pegunungan Swiss

Minggu, 30 Oktober 2022 - 07:11 WIB
loading...
Bak Ular Besi, Kereta Terpanjang di Dunia Ini Meliuk di Pegunungan Swiss
Swiss mengklaim rekor kereta terpanjang di dunia setelah kereta penumpang 100 gerbong meliuk-liuk di pegunungan Alpen. Foto/Sky News
A A A
BERN - Swiss mengklaim rekor kereta terpanjang di dunia setelah kereta penumpang yang terdiri dari 100 gerbong melewati pegunungan Alpen. Bak sebuah ular besi, kereta yang membentang sejauh lebih dari 1 mil itu bergerak meliuk membelah pegunungan.

Kereta Api Rhaetian (RhB) mengatakan telah mengalahkan rekor dunia untuk kereta penumpang terpanjang dalam sebuah acara yang menandai peringatan 175 tahun sistem kereta api terkenal di Swiss.

Kereta sepanjang 6.266 kaki, terdiri dari 25 kereta multi-unit dan membawa 150 penumpang, melakukan perjalanan melalui Pegunungan Alpen di kanton Swiss timur Graubunden.

Kepala RhB Renato Fasciati mengatakan lokomotif 'sempurna Swiss' itu saat melintasi pegunungan.

Meskipun ada kereta barang yang lebih panjang - lebih panjang dari tiga kilometer - 'Alpine Cruise' adalah kereta penumpang terpanjang yang pernah berjalan.



"Kendaraan besar itu beberapa ratus meter lebih panjang dari kereta Belgia yang memegang rekor dunia tidak resmi di tahun 90-an," kata seorang juru bicara RhB seperti dilansir dari Daily Mail, Minggu (30/10/2022).

Terdaftar sebagai situs Warisan Dunia UNESCO, 'Alpine Cruise' mengambil rute spiral dari Preda ke Alvaneu dalam waktu kurang dari 45 menit.

Angka menunjukkan bahwa 3.000 orang menyaksikan peristiwa bersejarah itu di layar raksasa yang dipasang di titik tengah perjalanan di dekat Bergun.

Kereta itu melewati 22 terowongan heliks dan melintasi 48 jembatan di sepanjang jalan, termasuk Landwasser Viaduct yang megah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)