Apakah Rusia Ingin Mengebom Nuklir Ukraina? Ini Jawaban Vladimir Putin

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 16:33 WIB
loading...
Apakah Rusia Ingin Mengebom Nuklir Ukraina? Ini Jawaban Vladimir Putin
Presiden Vladimir Putin menegaskan Rusia tidak memiliki niat menggunakan senjata nuklir dalam operasi militernya di Ukraina. Foto/Sputnik/Sergey Guneev/Pool via REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin angkat bicara setelah negara-negara Barat menyuarakan kecemasannya bahwa Rusia berpotensi menggunakan senjata nuklir dalam perangnya di Ukraina.

Putin menegaskan negaranya tidak berniat menggunakan senjata pemusnah massal itu dan menyebut Barat telah membangkitkan ketakutan tentang senjata atom untuk mencoba membuat seluruh dunia menentang Moskow.

Dalam pidato kebijakan luar negeri utama di Moskow, Putin berusaha untuk menggalang dunia non-Barat untuk tujuannya, menyatakan bahwa Amerika Serikat (AS) dan Eropa mengejar hegemoni global menyiapkan dekade paling berbahaya sejak Perang Dunia II.

Rusia sedang menggelar latihan militer yang melibatkan kemampuan pasukan nuklirnya di tengah perangnya di Ukraina. Tetapi Putin mengatakan dia tidak berniat untuk menggunakan senjata nuklir di Ukraina, dengan mengeklaim bahwa itu tidak masuk akal secara militer atau politik untuk melakukannya.



Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan latihan nuklir tahunan "Grom" Rusia tampaknya tidak dimaksudkan untuk menyembunyikan penyebaran senjata nuklir yang sesungguhnya.

"Kami belum melihat apa pun yang membuat kami percaya, pada titik ini, bahwa ini adalah semacam aktivitas penyamaran," kata Austin.

Putin telah berulang kali mengancam Ukraina dan Barat dengan konsekuensi bencana untuk setiap serangan eskalasi di wilayah Rusia, yang sekarang mencakup empat wilayah baru yang dianeksasi dari Ukraina.

Itu telah ditafsirkan Barat sebagai ancaman terselubung untuk menggunakan senjata nuklir dengan dalih untuk membela diri, terutama karena Rusia dianggap kewalahan menghadapi serangan balasan pasukan Ukraina baru-baru ini.

Namun dalam sambutannya di Valdai Discussion Club, sebuah think tank Moskow, Putin mengatakan, "Peringatan Barat tentang potensi serangan nuklir Rusia adalah upaya untuk mendorong dan meyakinkan teman-teman kita atau negara-negara netral bahwa mereka harus bersama-sama melawan Rusia.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1622 seconds (0.1#10.140)