Junta Myanmar Kirim Peringatan kepada ASEAN

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 17:18 WIB
loading...
Junta Myanmar Kirim Peringatan kepada ASEAN
Junta Myanmar memperingatkkan ASEAN bahwa menetapkan kerangka waktu untuk rencana perdamaian dapat menyebabkan implikasi negatif. Foto/gmanetwork
A A A
YANGON - Junta Myanmar telah memperingatkan ASEAN yang tengah bekerja untuk meredakan krisis politiknya bahwa menetapkan kerangka waktu untuk rencana perdamaian dapat menyebabkan "implikasi negatif."

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta pada Februari tahun lalu. Menurut kelompok pemantau lokal, lebih dari 2.300 orang tewas dalam tindakan brutal militer terhadap perbedaan pendapat.

Junta menyalahkan pejuang anti-kudeta atas kematian hampir 3.900 warga sipil.

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sejauh ini telah memimpin upaya yang sia-sia untuk memecahkan kebuntuan berdarah tersebut.

Baca: Ketua ASEAN Prihatin Meningkatnya Kekerasan di Myanmar

Para menteri luar negeri ASEAN bertemu di Jakarta pada Kamis kemarin untuk membahas krisis tersebut. Junta Myanmar tidak diwakili dalam pertemuan itu setelah menolak undangan untuk mengirim tokoh non-politik.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Myanmar mengatakan rencana perdamaian yang disepakati oleh negara itu dan ASEAN tahun lalu - yang sebagian besar diabaikan oleh Myanmar - adalah sebuah "proses."

"Memasukkan tekanan tambahan dengan menetapkan jangka waktu akan menciptakan lebih banyak implikasi negatif daripada yang positif," kata Kementerian Luar Negeri Myanmar seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (28/10/2022).

Myanmar juga menuduh ASEAN melakukan "diskriminasi" karena tidak mengundang menteri luar negeri yang ditunjuk junta ke pertemuan di Jakarta.

Baca: Pakar PBB: Pendekatan 'Ala' Ukraina Diperlukan untuk Militer Myanmar
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1628 seconds (10.101#12.26)