Orang-orang Bersenjata Serang Situs Suci Syiah di Iran, 15 Tewas

Kamis, 27 Oktober 2022 - 00:46 WIB
loading...
Orang-orang Bersenjata Serang Situs Suci Syiah di Iran, 15 Tewas
Orang-orang bersenjata serang situs suci Syiah di Iran, menewaskan 15 orang. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Kantor berita Iran, IRNA melaporkan, sekelompok orang bersenjata menyerang sebuah kuil Syiah di kota Shiraz Iran pada hari Rabu, menewaskan sedikitnya 15 orang. Serangan itu terjadi ketika pasukan keamanan bentrok dengan pengunjuk rasa yang menandai 40 hari kematian Mahsa Amini dalam tahanan.

IRNA menggambarkan para penyerang sebagai "teroris takfiri", sebuah label yang digunakan oleh para pejabat di Iran yang didominasi Muslim Syiah untuk merujuk pada kelompok-kelompok Islam Sunni bersenjata garis keras.

"Para penyerang berada di dalam mobil dan menembaki para jamaah dan staf di pintu masuk ke kuil Shah Cheragh," bunyi laporan IRNA mengutip saksi mata seperti dikutip dari The New Arab, Kamis (27/10/2022).

Polisi menangkap dua dari tiga "teroris" dan sedang mencari yang ketiga.

Kantor berita semi-resmi Iran, Tasnim melaporkan, beberapa wanita dan anak-anak termasuk di antara mereka yang tewas.

Serangan itu terjadi pada hari yang sama ketika pasukan keamanan Iran menembaki pelayat yang berkumpul di kampung halaman Amini di Saqez, Kurdi, menurut seorang saksi mata.



"Polisi anti huru hara menembak pelayat yang berkumpul di pemakaman untuk upacara peringatan Mahsa...puluhan telah ditangkap," kata saksi.

Pihak berwenang Iran tidak tersedia untuk berkomentar.

Kantor berita semi-resmi Iran, ISNA melaporkan, sekitar 10.000 orang telah berkumpul di pemakaman, menambahkan bahwa internet terputus setelah bentrokan antara pasukan keamanan dan orang-orang di sana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)