Fakta Menarik Wajib Militer di Korea Selatan yang Jarang Diketahui

Rabu, 26 Oktober 2022 - 07:38 WIB
loading...
Fakta Menarik Wajib Militer di Korea Selatan yang Jarang Diketahui
Semua pria di Korea Selatan harus mengikuti wajib militer. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Wajib militer (wamil) merupakan program yang diwajibkan pemerintah Korea Selatan (Korsel) pada warganya. Keharusan ini menyasar kaum pria, dan tidak wajib untuk perempuan.

Apa saja fakta menarik tentang wamil di Korsel? Berikut informasinya.

1. Sudah Ada Sejak Lama

Kegiatan wajib militer di Korsel wajib dilakukan bagi pria yang berusia 18 hingga 35 tahun. Bagi perempuan, kegiatan ini tidak wajib dilakukan, namun tetap diizinkan bila ingin mendaftar.

Berbagai sumber menyebut, pemerintah mewajibkan warganya untuk kegiatan wamil sejak tahun 1957 dan berlangsung hingga kini.

Wajib militer Korsel ini dilakukan guna melawan ancaman militer dari pihak Korea Utara (Korut).

2. Masa Pelatihan yang Panjang dan Ketat

Jika ditotal, peserta wamil akan bertugas selama 18 bulan di daerah-daerah terpencil. Sebelum menjadi peserta wamil, seseorang wajib mencukur rambutnya sesuai dengan ketentuan militer Korsel.

Para prajurit juga diizinkan mengambil gambar dan dikirimkan kepada keluarga mereka. Gambar atau foto tersebut nantinya digunakan apabila prajurit gugur saat melakukan wamil.

Ketika seseorang mengikuti wamil, semua barang pribadinya akan dikirim kepada keluarga agar tetap aman.

Sementara itu, prajurit akan menjalani 5 minggu pertama masa pelatihannya untuk mempelajari militer dasar. Contohnya adalah baris berbaris, penggunaan senjata, dan latihan fisik.

Prajurit juga mendapatkan pelatihan pidato khusus agar dapat berbicara dengan baik ketika ditugaskan untuk memberikan pidato.

3. Banyak Diikuti Musisi dan Aktor Ternama

Wamil di Korsel wajib diikuti pria dengan rentang usia 18 sampai 35 tahun. Dengan ketentuan tersebut, sudah pasti para pria dari kalangan musisi dan aktor ternama Korsel tidak luput untuk mengikuti wamil.

Salah satunya adalah aktor Park Go Bum yang menjalankan wamil pada Agustus 2020 sebagai salah satu tentara Angkatan Laut (AL).

Para personel boyband Super Junior (Suju), seperti Shindong, Eunhyuk, Siwon, Donghae, dan Sungmin juga telah melakukan wamil pada tahun 2015 dan selesai di tahun 2017.

Tahun ini, personel boyband paling sukses di Korsel, BTS, akan menjalankan wamil. Pendaftaran wamil tersebut dilakukan oleh anggota BTS tertua, Jin, namun informasi terakhir menyebut bahwa pendaftarannya ditunda hingga akhir Oktober 2022.

Kementerian Pertahanan Korsel akan memberikan izin kepada BTS untuk tetap tampil selama wamil.

4. Hanya Ada 4 Hari Libur

Setelah prajurit rampung menjalani 100 hari pertama wamil, mereka berhak mendapatkan cuti pertama. Cuti pertama ini hanya diberikan selama 4 hari.

Sebagian besar prajurit akan kembali ke rumah untuk mengunjungi keluarga mereka. Cuti tersebut diberikan sebagai hadiah untuk prajurit.

Apabila mendapatkan promosi, cuti seorang prajurit bisa ditambah menjadi 10 hari, termasuk waktu libur ketika Chuseok atau malam musim gugur.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)