Aksi Penembakan di SMA AS Tewaskan 3 Orang, Termasuk Tersangka

Selasa, 25 Oktober 2022 - 04:36 WIB
loading...
Aksi Penembakan di SMA AS Tewaskan 3 Orang, Termasuk Tersangka
Aksi Penembakan di SMA AS Tewaskan 3 Orang, Termasuk Tersangka. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sekolah menengah atas di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat (AS), Senin (24/10/2022) pagi, menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai enam lainnya, sebelum petugas menembak mati tersangka, kata komisaris polisi kota.

“Ketika polisi tiba di Central Visual and Performing Arts High School pada pukul 09:10 waktu setempat (1410 GMT) sebagai tanggapan atas panggilan penembak aktif, para siswa berlarian keluar, memberi tahu petugas bahwa seorang penembak ada di dalam dengan senjata panjang," kata Komisaris Mike Sack saat konferensi pers, seperti dikutip dari Reuters.



“Polisi memasuki gedung dan segera terjadi baku tembak dengan tersangka, yang tampaknya berusia sekitar 20 tahun, melukainya secara fatal,” lanjut Sack. “Seorang wanita dewasa dan seorang wanita remaja tewas dalam penembakan itu,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, para korban lainnya menderita luka tembak dan pecahan peluru. Delapan orang dilarikan ke rumah sakit, sementara satu orang meninggal di tempat kejadian. Tidak ada petugas yang terluka.

"Sementara di atas kertas kami mungkin memiliki sembilan korban. Kami juga memiliki ratusan lainnya. Semua orang yang selamat dari ini akan membawa pulang trauma," jelas Sack.

Menurutnya, pintu-pintu telah dikunci di Central Visual, sebuah sekolah magnet yang dihadiri oleh sekitar 380 siswa, sebelum penembakan itu. Staf keamanan mengidentifikasi bagaimana tersangka memasuki gedung, tetapi dia menolak berkomentar lebih lanjut tentang bagaimana pria bersenjata itu masuk ke dalam.



Sekolah menengah itu memiliki tujuh petugas keamanan di lokasi dan detektor logam, kata seorang pejabat sekolah pada konferensi tersebut. Pihak berwenang tidak mengungkapkan motif atau hubungan tersangka dengan sekolah tersebut.

Seorang guru matematika, David Williams, mengatakan kepada St. Louis Post-Dispatch bahwa kepala sekolah memberi tahu staf dan siswa melalui sistem audio dengan frasa kode untuk penembak sekolah. Dia menggambarkan mendengar beberapa tembakan di luar kelasnya, menambahkan bahwa jendela di pintu kelas ditembak keluar.

Penembakan itu adalah satu dari lusinan di sekolah-sekolah AS yang menyebabkan kematian atau cedera tahun ini saja. Salah satu yang paling mematikan terjadi pada bulan Mei, ketika seorang pria bersenjata membunuh 19 anak-anak dan dua orang dewasa di Uvalde, Texas.

Dalam amukan itu, polisi dan petugas penegak hukum lainnya dihukum karena menunggu lebih dari satu jam sebelum menghadapi penembak, yang dikunci di ruang kelas bersama siswa dan guru. Tersangka dalam kasus itu memasuki gedung sekolah melalui pintu yang tidak terkunci.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)