Kanada Larang Penjualan dan Pengiriman Senjata Api

Minggu, 23 Oktober 2022 - 15:00 WIB
loading...
Kanada Larang Penjualan dan Pengiriman Senjata Api
Kanada Larang Penjualan dan Pengiriman Senjata Api. FOTO/Reuters
A A A
OTTAWA - Kanada menerapkan larangan baru penjualan, pembelian, dan pengiriman senjata api mulai Jumat (21/10/2022). Ini merupakan langkah terbaru pemerintah untuk mengurangi kekerasan senjata di seluruh negeri.

Mulai Jumat, orang tidak dapat membeli, menjual, atau mentransfer pistol di Kanada. Mereka juga tidak dapat membawa pistol yang baru diperoleh ke negara itu, menurut pengumuman Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Baca: Penikam 28 Orang di Kanada, Termasuk 10 Tewas, Ditangkap Polisi

“Dengan meningkatnya kekerasan pistol di seluruh Kanada, adalah tugas kami untuk mengambil tindakan segera untuk menghapus senjata mematikan ini dari komunitas kami,” kata Trudeau dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari USA Today.

Trudeau mengumumkan pembekuan pada Mei, seminggu setelah 19 anak tewas dalam penembakan sekolah di sebuah sekolah dasar di Uvalde, Texas. Kanada tak ingin kejadian tragis juga terjadi di wilayahnya.

“Kita tidak bisa membiarkan perdebatan senjata menjadi begitu terpolarisasi, sehingga tidak ada yang bisa dilakukan. Kita tidak bisa membiarkan itu terjadi di negara kita,” kata Trudeau saat itu.

Pemerintah Kanada mengatakan telah melihat peningkatan drastis dalam jumlah senjata di negara itu selama dekade terakhir, dengan 70% lebih banyak pistol di Kanada daripada di tahun 2010. Pembekuan senjata diimplementasikan ketika undang-undang pengendalian senjata lainnya sedang berjalan melalui parlemen Kanada.

Baca: Kementerian Iklim Kanada akan Punya Gudang Senjata dan Ruang Interogasi, Ini Alasannya

Pada tahun 2020, 22 orang tewas dalam penembakan massal di provinsi Nova Scotia, Kanada, penembakan massal paling mematikan di negara itu dalam beberapa tahun terakhir. Itu mengarah pada larangan senjata api gaya serbu dan diskusi baru seputar kontrol senjata dan akses ke senjata ilegal.

Sementara Kanada telah membunyikan alarm tentang kekerasan senjata, tingkat kekerasan senjata masih relatif rendah dibandingkan dengan tetangga selatannya. Ada jauh lebih banyak penembakan massal di Amerika Serikat: lebih dari 500 dan terus bertambah pada 2022 saja, menurut Arsip Kekerasan Senjata.

Pada tahun 2020, 277 orang terbunuh oleh senjata api di Kanada, dengan laju 0,73 per 100.000 orang, menurut kantor statistik nasional Kanada. Pada tahun yang sama di Amerika Serikat, lebih dari 19.000 orang tewas di tangan kekerasan senjata pada tingkat 5,9 per 100.000 orang, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit melaporkan.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1884 seconds (11.210#12.26)