Banyak Murid Jadi Korban Kekerasan Aparat, Guru di Iran Mogok Mengajar

Minggu, 23 Oktober 2022 - 02:30 WIB
loading...
Banyak Murid Jadi Korban Kekerasan Aparat, Guru di Iran Mogok Mengajar
Banyak Murid Jadi Korban Kekerasan Aparat, Guru di Iran Mogok Mengajar. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Aksi protes terus terjadi di sejumlah kota di Iran . Korban tewas pun dilaporkan terus berjatuhan. Kantor berita aktivis HRANA melaporkan, 244 pengunjuk rasa , termasuk 32 anak-anak, tewas dalam kerusuhan lebih dari sebulan.

Lebih dari 12.500 orang telah ditangkap dalam protes di 114 kota besar dan kecil dan sekitar 81 universitas, lanjut laporan itu. Korban juga berasal dari kalangan murid.



Guru-guru Iran telah menyerukan pemogokan dua hari mulai Minggu (23/10/2022) atas penargetan mematikan anak-anak sekolah dalam tindakan keras terhadap protes.

“Kita tahu betul bahwa militer dan aparat keamanan dan aparat berpakaian preman telah melanggar sekolah dan pusat pendidikan,” kata Dewan Koordinasi Serikat Guru, seperti dikutip dari Arab News. “Selama penindasan sistematis ini, mereka tanpa ampun mengambil nyawa sejumlah murid dan anak-anak,” lanjutnya.

“Para penguasa harus tahu bahwa guru Iran tidak mentolerir kekejaman dan tirani ini, dan menyatakan bahwa kami untuk rakyat. Peluru dan amunisi yang Anda tembakkan pada orang-orang ini menargetkan hidup dan jiwa kita,” tambah pernyataan itu.



Serikat pekerja berjanji untuk melanjutkan protes sampai hak rakyat untuk protes diakui, semua murid dibebaskan tanpa syarat dan kembali ke sekolah, dan sistem berhenti membunuh orang dan berhenti menjawab tuntutan rakyat yang sah dengan peluru.

Sementara ratusan warga Iran dilaporkan turun ke jalan Zahedan, ibu kota provinsi Sistan-Baluchistan. Massa meneriakkan “Matilah diktator Khamenei” dan “Persatuan, persatuan.”

Slogan-slogan itu menggemakan slogan-slogan yang diteriakkan dalam protes nasional atas kematian Mahsa Amini, seorang wanita Iran asal Kurdi yang meninggal dalam tahanan pada 16 September. Amini, 22, telah ditangkap di Teheran oleh polisi moral karena dugaan pelanggaran kode pakaian ketat Iran untuk wanita.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)