Lagi-lagi, Israel Merudal Ibu Kota Suriah

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 17:47 WIB
loading...
Lagi-lagi, Israel Merudal Ibu Kota Suriah
Militer Israel melakukan serangan rudal ke Ibu Kota Suriah, Damaskus. Foto/REUTERS/Ilustrasi
A A A
DAMASKUS - Militer Israel untuk kesekian kalinya menyerang Ibu Kota Suriah, Damaskus, pada Jumat malam.

“Pertahanan udara kami mencegat serangan rudal Israel di wilayah udara Damaskus dan wilayah selatan,” tulis kantor berita pemerintah Suriah, SANA, mengutip sumber militer pada Sabtu (22/10/2022).

Serangan terbaru ini terjadi sekitar pukul 23.00 waktu setempat, beberapa minggu setelah Israel menargetkan dua bandara utama di negara itu dengan lebih dari selusin rudal.



“Musuh Israel melakukan agresi udara dengan rudal dari arah timur laut Danau Tiberias," lanjut laporan SANA. "Kerugian terbatas pada materi."

Meskipun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam serangan pada Jumat malam, Israel telah meluncurkan beberapa serangan udara ke wilayah Suriah dalam beberapa pekan terakhir, di mana satu serangan menewaskan sedikitnya lima tentara Suriah pada pertengahan September lalu.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah mengebom Bandara Internasional Aleppo dua kali dalam hitungan hari bulan lalu, dan menargetkan bandara sipil utama di ibu kota dengan rudal pada waktu yang hampir bersamaan.

Bandara Damaskus sebelumnya tidak dapat digunakan oleh serangan udara Israel pada bulan Juni, memaksanya untuk sementara mengalihkan semua lalu lintas ke Aleppo.

Israel telah berulang kali mengebom Suriah selama perang satu dekade pasukan pemerintah melawan melawan pemberontak jihadis. Serangan Israel kerap diluncurkan dari wilayah udara Lebanon dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Meskipun jarang mengonfirmasi operasi militernya, para pejabat Israel sering berdalih ancaman yang ditimbulkan oleh para milisi Iran di Suriah sebagai alasan militer Zionis meluncurkan serangan.

Mantan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pernah mengindikasikan negaranya telah melakukan ratusan serangan udara di wilayah Suriah, yang terus berlanjut secara berkala sejak dia meninggalkan kantor tahun lalu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)