Pasukan Elite AS Siap Perang di Ukraina Jika Konflik Meningkat

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 16:52 WIB
loading...
Pasukan Elite AS Siap Perang di Ukraina Jika Konflik Meningkat
Pasukan elite Divisi Lintas Udara 101 Angkatan Darat AS siap berperang di Ukraina jika konflik meningkat menjadi perang antara Rusia dan NATO. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Pasukan elite Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) siap untuk berperang di Ukraina konflik meningkat menjadi perang antara Rusia dan NATO.

Pernyataan itu disampaikan seorang petinggi pasukan elite kepada CBS News pada Jumat. Pasukan elite tersebut adalah Divisi Lintas Udara 101 Angkatan Darat AS.

Divisi elite itu saat ini sedang melakukan latihan perang di Rumania, dekat perbatasan negara NATO dengan Ukraina.



Petinggi unit tersebut mengatakan kepada CBS bahwa mereka akan siap untuk menyeberang ke Ukraina jika pertempuran meningkat—tanpa menjelaskan apa yang akan terjadi—atau jika NATO diserang.

Pihaknya menyoroti bahwa penempatan pasukan elite saat ini di Eropa merupakan yang pertama sejak Perang Dunia II. "Ini untuk mempertahankan wilayah NATO," kata Wakil Komandan Divisi Lintas Udara 101 Angkatan Darat Brigadir Jenderal John Lubas.

"Kami siap untuk mempertahankan setiap inci tanah NATO," ujarnya.

Di Rumania, Divisi Lintas Udara 101 mengadakan latihan serangan darat dan udara gabungan.

Menurut Kolonel Edwin Matthaidess, Komandan Tim Tempur Brigade ke-2, divisinya adalah unit AS yang paling dekat dengan pertempuran di Ukraina.

Dia mencatat bahwa pasukan AS, telah mengawasi dengan cermat militer Rusia sambil membangun tujuan untuk berlatih melawan dan mengatur latihan untuk meniru persis apa yang terjadi di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)