Ditaktor Kim Jong-un Eksekusi 10 Pejabat Korup

Rabu, 29 Oktober 2014 - 17:00 WIB
Ditaktor Kim Jong-un...
Ditaktor Kim Jong-un Eksekusi 10 Pejabat Korup
A A A
PYONGYANG - Ditaktor Korea Utara, Kim Jong-un, telah mengeksekusi 10 pejabat senior Partai Buruh Korea Utara. Ke-10 pejabat itu dituduh korupsi dan menonton opera sabun Korea Selatan.

Laporan itu diungkap oleh seorang pejabat Korea Selatan, Rabu (29/10/2014). Lim Dae Sung, seorang sekretaris anggota parlemen Lee Cheol-woo dari partai berkuasa di Korea Selatan, mengatakan, eksekusi 10 pejabat dengan cara ditembak itu sebagai upaya Jong-un untuk mengkonsolidasi kekuasaan.

Eksekusi itu, lanjut dia, juga bagian dari pembersihan para kroni Jang Song-thaek, paman Jong-un yang telah dieksekusi Desember 2013 lalu atas tuduhan korupsi.

Kendati demikian, Lim, tidak mengungkapkan identitas 10 pejabat yang dieksekusi dan kapan eksekusi dilakukan.

Lim, yang menghadiri briefing di Badan Intelijen Nasional di Seoul, mengatakan bahwa Korea Utara telah memperluas kamp penjara dan meningkatkan eksekusi selama beberapa bulan terakhir.

”Kim Jong Un sedang mencoba untuk membangun kekuasaan mutlak dan memperkuat rezimnya dengan hukuman publik,” kata Yang Moo-jin, seorang profesor di Universitas Studi Korea Utara, di Seoul, kepada Bloomberg. ”Namun, pembersihan itu dapat menimbulkan efek samping.”

Ditaktor muda berusia 31 tahun tersebut mengambil alih kepemimpinan setelah kematian ayahnya, Kim Jong Il pada Desember 2011. Sejak berkuasa, Jong-un setidaknya sudah memecat kepala staf umum, Ri Yong Ho pada bulan Juli 2012.

Pemerintah Korea Utara hingga kini belum mengonfirmasi laporan eksekusi 10 pejabat partai berkuasa di Pyongyang itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0752 seconds (0.1#10.140)