Terkait Kerusuhan, Iran Keluarkan Peringatan pada Biden

Senin, 17 Oktober 2022 - 16:16 WIB
loading...
Terkait Kerusuhan, Iran Keluarkan Peringatan pada Biden
Sepeda motor polisi terbakar saat protes atas kematian Mahsa Amini di Teheran, Iran, 19 September 2022. Foto/WANA/REUTERS
A A A
TEHERAN - Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Iran Nasser Kanaani memperingatkan Amerika Serikat (AS) akan gagal dalam upayanya menghasut kerusuhan dan mencampuri urusan dalam negeri Iran.

Pernyataannya muncul setelah Presiden AS Joe Biden mendukung protes anti-pemerintah di seluruh wilayah Republik Islam Iran.

Protes dan bentrokan dengan polisi meletus bulan lalu setelah seorang wanita berusia 22 tahun, Mahsa Amini, meninggal dalam tahanan setelah ditahan polisi moral Iran di Teheran karena mengenakan jilbab yang dianggap "tidak pantas". Keluarganya mengklaim bahwa dia telah disiksa.

Kanaani menuduh Biden pada Sabtu (15/10/2022) "mendukung kerusuhan."

“Mengingat fakta bahwa dia tidak menikmati penasihat tepercaya atau ingatan yang baik, saya mengingatkannya bahwa Iran begitu kuat dan tabah sehingga tidak akan menyerah pada sanksi kejam dan ancaman kosongnya,” tegas Kanaani, seperti dikutip Press TV.



Diplomat itu menyatakan, “Republik Islam tidak akan terpengaruh oleh intervensi dan (pernyataan) seorang politisi yang lelah dengan kampanye sia-sia melawan Iran.”

"Kami akan bersama-sama mempertahankan kemerdekaan Iran," tegas dia.

Pada Jumat, berbicara kepada wartawan di Portland, Oregon, Biden menyebut pemerintah Iran “menindas” dan mengatakan dia terkejut dengan “keberanian orang-orang dan wanita yang turun ke jalan.”

“Maksud saya, ini benar-benar luar biasa,” ujar Biden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0842 seconds (0.1#10.140)