Vladimir Putin Tak Menyesal Rusia Perang dengan Ukraina, Klaim Tindakannya Benar

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 11:19 WIB
loading...
Vladimir Putin Tak Menyesal Rusia Perang dengan Ukraina, Klaim Tindakannya Benar
Presiden Vladimir Putin tak menyesal Rusia berperang di Ukraina, mengeklaim tindakan Moskow sudah benar. Foto/REUTERS
A A A
ASTANA - Presiden Vladimir Putin mengatakan dia tidak menyesal dengan keputusan Rusia berperang di Ukraina yang telah memasuki hari ke-233 pada Jumat. Dia bersikeras tindakan Moskow sudah benar.

"Apa yang terjadi sekarang sangat tidak menyenangkan, secara halus, tetapi kami akan mendapatkan hal yang sama nanti, hanya kemungkinan yang lebih buruk bagi kami," katanya kepada wartawan dalam kunjungan ke Kazakhstan, seperti dikutip BBC, Sabtu (15/10/2022).

"Jadi kami melakukan semuanya dengan benar," ujarnya.

Putin mencoba membenarkan keputusannya untuk menginvasi Ukraina. Salah satu alasannya adalah karena Ukraina telah memblokir kanal yang memasok air ke Crimea—wilayah yang dicaplok Rusia dari Ukraina pada 2014.



"Dua setengah juta orang tinggal di Crimea..." katanya.

"Mereka [Ukraina] pergi dan memotong air di sana. Pasukan [Rusia] harus masuk dan menyalakan air ke Crimea," katanya lagi.

Dia membantah ingin menghancurkan Ukraina sebagai sebuah negara dan mengatakan tidak perlu untuk saat ini melanjutkan serangan rudal massal seperti yang dilakukan pada hari Senin lalu.

Putin sebelumnya mengatakan bahwa serangan itu merupakan pembalasan atas serangan di Jembatan Crimea, jembatan terpanjang di Eropa yang dibangun Rusia untuk menghubungkan daratan Rusia dengan Semenanjung Crimea.

Pada hari Jumat, Rusia mengumumkan bahwa perbaikan jembatan itu akan memakan waktu hingga Juli mendatang.

Sementara itu, Ukraina, yang merebut kembali wilayah di timur maupun di selatan, merayakan hari libur umum Hari Pembela pertama sejak dimulainya invasi Moskow.

"Pada 14 Oktober, kami mengucapkan terima kasih...terima kasih kepada semua orang yang berjuang untuk Ukraina di masa lalu. Dan untuk semua orang yang memperjuangkannya sekarang. Untuk semua yang menang saat itu. Dan untuk semua orang yang pasti akan menang sekarang," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidato video untuk menandai kesempatan itu.

"Dunia bersama kita, lebih dari sebelumnya. Ini membuat kita lebih kuat dari sebelumnya dalam sejarah," kata Zelensky, mengacu pada bantuan Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)