Negara-negara Musuh Rusia Di Eropa

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 06:01 WIB
loading...
Negara-negara Musuh Rusia Di Eropa
Seorang anggota Garda Nasional Ukraina mempersiapkan howitzer D-30 untuk tembakan ke arah pasukan Rusia, di wilayah Kharkiv, Ukraina, 5 Oktober 2022. Foto/REUTERS/Vyacheslav Madiyevskyy
A A A
KIEV - Di tengah pertempurannya dengan Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan negara dan wilayah yang dianggap sebagai musuh atau tidak bersahabat dengan Rusia.

Sejak diumumkan pertama kali pada Mei 2021, daftar negara yang tidak bersahabat dengan Rusia terus bertambah.

Selain Uni Eropa, berikut beberapa negara di Eropa yang disebut sebagai musuh Rusia.

1. Ukraina

Ukraina merupakan negara yang menjadi musuh bebuyutan Rusia. Pasalnya, Rusia sudah beberapa kali mencoba menyerang Ukraina sehingga hal tersebut yang membuat Ukraina muak terhadap tingkah Rusia tersebut.

Presiden Vladimir Putin bahkan telah menyatakan pencaplokan empat wilayah Ukraina dan mengancam akan mempertahankannya dengan segala macam cara.

Tidak hanya itu, serangan rudal Rusia juga menghantam pusat kota di Ukraina sehingga banyak korban yang terluka dan tewas. Hal-hal tersebut yang membuat Ukraina menjadi musuh Rusia.

2. Swiss

Swiss masuk ke dalam daftar negara yang dianggap tidak bersahabat bagi Rusia. Menanggapi hal tersebut, Presiden Swiss Ignazio Cassis berkomentar bahwa Swiss tidak berperang dengan Rusia.

Oliver Diggelmaan, profesor Hukum Internasional Universitas Zurich, mengatakan Swiss tetap menjadi negara yang netral.

Negara netral tidak berpartisipasi secara militer dalam konflik bersenjata dan tidak mendukung pihak yang berkonflik.

3. Polandia

Selain telah berkampanye untuk Ukraina di Uni Eropa, Polandia juga merupakan pendukung sanksi terhadap Rusia atas tindakannya di Ukraina.

Polandia telah menyatakan bahwa mereka tidak akan pernah mengakui pencaplokan Krimea oleh Rusia.

Polandia juga secara aktif mendukung aspirasi demokratis dan pro-Eropa masyarakat Ukraina dengan terlibat dalam mediasi yang sulit antara pihak berwenang dan oposisi dan memberikan bantuan kemanusiaan, baik selama Revolusi Oranye tahun 2004 dan Revolusi Martabat di Maidan pada Februari 2014.

4. Slovenia

Menanggapi invasi Rusia 2022 ke Ukraina, bersama dengan negara-negara Uni Eropa lainnya, Slovenia mengutuk agresi Rusia dan telah mengambil langkah-langkah seperti menutup wilayah udara Slovenia untuk penerbangan Rusia dan memboikot acara olahraga yang diadakan di Rusia.

Selain itu, bentuk dukungan Slovenia kepada Ukraina juga dilakukan mengirimkan puluhan tank M-55S yang dirancang untuk mengancurkan kendaraan musuh di medan perang.

5. Islandia

Islandia adalah salah satu negara dalam daftar negara yang dianggap tidak bersahabat dengan Rusia.

Rusia memberlakukan sanksi dengan memberikan pembatasan visa pada warga negara Islandia.

Pembatasan visa oleh Rusia ini juga berlaku untuk beberapa negara lain seperti Norwegia, Swiss, dan Denmark.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)