Rusia Tegaskan Komitmen pada Perjanjian Larangan Uji Coba Senjata Nuklir

Senin, 06 Juli 2020 - 01:18 WIB
loading...
Rusia Tegaskan Komitmen pada Perjanjian Larangan Uji Coba Senjata Nuklir
Rusia mengatakan tetap berkomitmen terhadap larangan uji coba nuklir dan terus menerapkan Perjanjian Uji-Larangan-Nuklir Komprehensif meskipun fakta bahwa perjanjian itu belum berlaku. Foto/Ist
A A A
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, Moskow tetap berkomitmen terhadap larangan uji coba nuklir dan terus menerapkan Perjanjian Uji-Larangan-Nuklir Komprehensif meskipun fakta bahwa perjanjian itu belum berlaku. Ini adalah respon atas Laporan Kepatuhan Kontrol Senjata, Nonproliferasi, dan Perjanjian dan Komitmen Perlucutan Senjata 2020 yang dirilis oleh Amerika Serikat (AS).

Moskow mengatakan, tuduhan AS bahwa Rusia diduga melanggar moratorium pengujian nuklir dengan melakukan eksperimen nuklir yang tidak konsisten dengan standar 'nol hasil' AS adalah bohong belaka. Rusia mengatakan, laporan itu tidak disertai dengan bukti yang konkret.

( )

Kementerian itu kemudian mengatakan, tidak seperti AS, Rusia telah meratifikasinya 20 tahun yang lalu dan telah menerapkannya dengan sukses. Bersamaan dengan ini, jelasnya, Rusia melanjutkan dari asumsi bahwa setiap perbedaan pendapat tentang kriteria kepatuhan dengan komitmen yang relevan dapat dan harus diselesaikan dalam kerangka kerja Perjanjian Uji-Larangan-Nuklir Komprehensif.

"Selama AS belum meratifikasi perjanjian ini, kami pikir itu kontraproduktif untuk membahas dengan perwakilan negara itu masalah kepatuhan dengan larangan pengujian nuklir itu," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)