Rusia Pertimbangkan Pertemuan Putin dan Biden di KTT G20 Indonesia

Kamis, 13 Oktober 2022 - 05:30 WIB
loading...
Rusia Pertimbangkan Pertemuan Putin dan Biden di KTT G20 Indonesia
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu di Villa La Grange, Jenewa, Swiss, 16 Juni 2021. Foto/REUTERS/Kevin Lamarque
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia dan Amerika Serikat (AS) dapat bertemu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia, asalkan Washington benar-benar ingin berpartisipasi.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov mengungkapkan hal itu saat wawancara di televisi Rusia pada Selasa (11/10/2022).

“Kami tidak pernah menolak pertemuan, dan jika proposal seperti itu datang, kami akan mempertimbangkannya,” ujar diplomat top Rusia itu.

Dia menekankan sejauh ini tidak ada proposal seperti itu yang dikirim AS, bertentangan dengan apa yang mungkin diyakini sebagian orang.



Kesempatan bagi Presiden AS Joe Biden untuk mengadakan pertemuan empat mata dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dapat muncul dengan sendirinya selama KTT para pemimpin G20 mendatang di Bali, Indonesia, yang dijadwalkan pada pertengahan November.

Ketika ditanya tentang kemungkinan pembicaraan bilateral, Biden tidak mengesampingkannya, mengatakan kepada wartawan pada Kamis bahwa, “Masih harus dilihat.”

Lavrov mengatakan menarik kesimpulan tentang jadwal kedua pemimpin dari pernyataan tidak langsung itu, “Lebih cocok untuk spekulasi analitis jurnalistik daripada politik nyata.”



Berbicara di acara bincang-bincang politik Rusia “60 Minutes”, Lavrov menyebut klaim "kebohongan" bahwa pemerintah AS sedang berusaha menyelesaikan kebuntuan dengan Rusia atas krisis Ukraina dan posisi Moskow yang mencegah negosiasi damai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)