Digempur Rusia, Zelensky Minta Negara G7 Pasok Sistem Pertahanan Udara

Selasa, 11 Oktober 2022 - 21:17 WIB
loading...
Digempur Rusia, Zelensky Minta Negara G7 Pasok Sistem Pertahanan Udara
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta negara G7 pasok sistem pertahanan udara setelah digempur oleh Rusia. Foto/Channel News Asia
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta para pemimpin kelompok negara-negara G7 untuk segera memasok Ukraina dengan senjata pertahanan udara. Itu dilakukannya setelah Rusia menghujani kota-kota Ukraina dengan rudal jelajah dalam eskalasi perang terbaru.

Dalam pidato video semalam dari lokasi salah satu serangan di Kiev, Zelensky berjanji bahwa Ukraina akan terus berperang.

"Kami akan melakukan segalanya untuk memperkuat angkatan bersenjata kami. Kami akan membuat medan perang lebih menyakitkan bagi musuh," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (11/10/2022).



Para pemimpin G7 diperkirakan akan mengeluarkan peringatan kepada Belarusia, sekutu dekat Moskow, setelah Minsk pada Senin kemarin mengatakan pihaknya mengerahkan tentara dengan pasukan Rusia di dekat Ukraina. Itu dilakukan sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya sebagai ancaman dari Kiev dan sekutu Baratnya.

Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna kepada radio Prancis mengatakan Belarusia, yang pasukannya belum menyeberang ke Ukraina, dapat menghadapi lebih banyak sanksi jika terlibat lebih jauh.

Serangan rudal Rusia menewaskan setidaknya satu orang di kota tenggara Zaporizhzhia dan membuat sebagian kota Lviv di bagian barat tanpa aliran listrik, kata pejabat setempat. Sirene serangan udara sebelumnya meraung di seluruh Ukraina untuk hari kedua.



Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia memerintahkan serangan itu sebagai balas dendam atas ledakan yang merusak jembatan Rusia ke Crimea yang dicaplok.

Kiev dan sekutunya mengutuk serangan itu, yang terutama menghantam infrastruktur sipil seperti pembangkit listrik tetapi juga mendarat di taman, lokasi wisata dan jalan-jalan jam sibuk yang sibuk.

Rusia telah mencaplok wilayah baru Ukraina, memobilisasi ratusan ribu orang untuk berperang dan berulang kali mengancam akan menggunakan senjata nuklir dalam beberapa pekan terakhir, menyebarkan peringatan di Barat. Seorang diplomat Eropa mengatakan aliansi pertahanan NATO sedang mempertimbangkan untuk mengadakan pertemuan puncak virtual untuk mempertimbangkan tanggapannya.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)