Pasokan Amunisi AS Terkuras Banyak Gara-gara Bantu Perang Ukraina

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 14:02 WIB
loading...
Pasokan Amunisi AS Terkuras Banyak Gara-gara Bantu Perang Ukraina
Pasokan senjata AS terkuras gara-gara membantu Ukraina dalam perang melawan invasi Rusia. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS), dalam waktu dekat, tidak dapat memberi Ukraina jenis amunisi tertentu yang penting untuk perangnya melawan invasi Rusia . Sebab, persediaan Washington habis lebih cepat daripada amunisi baru yang akan tiba sebagai pengganti.

Washington sejauh ini telah menjadi pemasok senjata terbesar ke Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari, di mana lebih dari USD16,8 miliar bantuan militer diberikan.

"Tetapi persediaan beberapa peralatan AS mencapai tingkat minimum yang diperlukan untuk rencana dan pelatihan perang, dan pengisian kembali ke tingkat pra-invasi bisa memakan waktu bertahun-tahun," kata Mark Cancian, analis dari Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), seperti dikutip AFP, Sabtu (8/10/2022).

Seorang pejabat militer AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan Washington "belajar pelajaran" dari konflik tentang kebutuhan amunisi dalam perang kekuatan besar, yang "jauh lebih besar" dari yang diharapkan.



Perusahaan pertahanan Amerika dipaksa untuk secara drastis mengurangi produksi pada 1990-an ketika Amerika Serikat memangkas pengeluaran pertahanan setelah runtuhnya Uni Soviet, dan jumlah mereka turun secara dramatis, dari puluhan menjadi satu digit.

Sekarang, pemerintah AS harus meyakinkan industri untuk membuka kembali jalur perakitan dan meluncurkan kembali produksi barang-barang seperti rudal anti-pesawat Stinger, yang belum dibuat sejak 2020.

Beberapa peralatan yang disediakan AS telah menjadi simbol perang di Ukraina, seperti senjata anti-tank Javelin yang banyak digunakan oleh pasukan Kiev untuk menumpulkan kemajuan Rusia di ibu kota, dan HIMARS—sistem roket presisi yang sekarang memainkan peran kunci dalam serangan balasan terhadap pasukan Moskow di timur dan selatan Ukraina.

Tetapi persediaan amunisi AS untuk HIMARS—yang menembakkan roket berpemandu GPS yang dikenal sebagai GMLRS, dengan jangkauan lebih dari 80 km—semakin berkurang.

“Jika Amerika Serikat mengirim sepertiga dari persediaan itu ke Ukraina (seperti yang terjadi dengan Javelin dan Stinger), Ukraina akan menerima 8.000 hingga 10.000 roket. Persediaan itu kemungkinan akan bertahan beberapa bulan, tetapi, ketika persediaan habis, tidak ada alternatif," kata Cancian, yang sebelumnya bekerja pada pengadaan senjata untuk pemerintah AS.

"Produksi sekitar 5.000 per tahun. Meskipun Amerika Serikat sedang bekerja untuk meningkatkan jumlah itu, dan uang baru-baru ini dialokasikan untuk tujuan itu, itu akan memakan waktu bertahun-tahun," katanya, menambahkan bahwa peralatan yang lebih tua dapat membantu mengisi kesenjangan.

Amerika Serikat telah menyediakan sekitar 8.500 rudal Javelin ke Kiev, tetapi produksi senjata yang telah menjadi simbol perlawanan Ukraina hanya sekitar 1.000 per tahun.

Pemerintah AS memesan rudal senilai USD350 juta pada bulan Mei, tetapi lagi-lagi akan memakan waktu beberapa tahun sebelum persediaan diisi kembali.

Amerika Serikat juga telah memasok lebih dari 800.000 peluru artileri 155mm standar NATO ke Kiev—tiga perempat dari jumlah total yang dikirim oleh semua negara Barat. Itu menurut statistik resmi Pentagon.

"Jumlah peluru yang diberikan Washington mungkin mendekati batas yang bersedia diberikan Amerika Serikat tanpa risiko terhadap kemampuan perangnya sendiri," kata Cancian.

Produksi munisi berongga (shell) di AS saat ini mencapai 14.000 per bulan, tetapi Pentagon telah mengumumkan bahwa mereka bertujuan untuk meningkatkan angka itu menjadi 36.000 dalam waktu tiga tahun. Itu masih hanya akan membawa produksi tahunan menjadi 432.000—kurang dari setengah dari apa yang telah diberikan ke Ukraina dalam tujuh bulan.

Laura Cooper, seorang pejabat senior Departemen Pertahanan AS yang bertanggung jawab untuk Rusia dan Ukraina, mengatakan produksi industri pertahanan AS akan semakin cepat.

"Amerika Serikat akan terus mendukung rakyat Ukraina dan memberi mereka bantuan keamanan yang mereka butuhkan untuk mempertahankan diri selama diperlukan," katanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)