Dicap Negeri Gurun, Kok Bisa Arab Saudi Gelar Asian Games Musim Dingin?

Kamis, 06 Oktober 2022 - 14:34 WIB
loading...
Dicap Negeri Gurun, Kok Bisa Arab Saudi Gelar Asian Games Musim Dingin?
Arab Saudi dikenal sebagai negeri gurun pasir. Namun, negara ini terpilih menjadi tuan rumah Asian Winter Games 2029. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Arab Saudi terkenal sebagai negeri gurun pasir yang panas. Namun, negara itu terpilih menjadi tuan rumah Asian Winter Games atau Asian Games Musim Dingin 2029.

Bagaimana negara gurun pasir seperti itu bisa menyelenggarakan pesta olaharga musim dingin?

Yang benar adalah tidak semua wilayah Arab Saudi bergurun pasir yang panas. Ada daerah yang dingin, terutama di Pegunungan Sarawat, wilayah barat laut Kerajaan Saudi.

Wilayah di Provinsi Tabuk tersebut memiliki musim dingin lengkap dengan salju.



Trojena, wilayah yang menjadi tuan rumah Asian Games Musim Dingin 2029, terletak di Pegunungan Sarawat dan akan menjadi tempat resor ski luar ruang pertama di Teluk.

Mengutip Gulf News, Kamis (6/10/2022), resor Trojena terletak di pusat NEOM, sebuah kota ultra-modern yang dibangun 50 km dari pantai Teluk Aqaba.

Wilayah itu ditandai dengan pegunungan dengan puncak tertinggi di Arab Saudi, sekitar 2.600 meter di atas permukaan laut.

Jadi suhu bisa turun di bawah nol derajat Celsius pada musim dingin dan sekitar 10 derajat Celsius lebih dingin daripada wilayah lainnya.

Jadi Asian Games Musim Dingin di Arab Saudi memang memungkinkan, dan bisa jadi menjadi pesta olahraga musim dingin terbaik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)