Putin Berjanji Akan Menstabilkan Wilayah Aneksasi

Kamis, 06 Oktober 2022 - 04:19 WIB
loading...
Putin Berjanji Akan Menstabilkan Wilayah Aneksasi
Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji akan menstabilkan wilayah yang dianeksasi dari Ukraina. Foto/BBC
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin berjanji untuk 'menstabilkan' wilayah yang dicaplok. Pernyataan itu dilontarkannya saat Ukraina memperoleh keuntungan di sejumlah medan perang.

Dalam pidatonya di depan para guru pada hari guru Rusia, Putin mengatakan dia akan "dengan tenang mengembangkan" wilayah yang dicaplok.

Presiden Rusia itu mengumumkan pencaplokan Luhansk, Donetsk, Zaporizhzhia dan Kherson minggu lalu setelah memproklamirkan referendum yang tidak diakui secara internasional.

Janjinya datang ketika Ukraina mengatakan akan merebut kembali desa-desa di Luhansk dan Kherson. Kiev telah mengontrol bagian penting dari dua wilayah lainnya, dan telah membuat keuntungan baru-baru ini di Donetsk.

Namun, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Rusia akan merebut kembali wilayah yang telah hilang.

"Tidak ada kontradiksi di sini. Mereka akan bersama Rusia selamanya, mereka akan dikembalikan," ujarnya seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/10/2022).

Baca: Putin Teken Undang-undang Pencaplokan Wilayah Ukraina

Tetapi Andrey Kartopolov, ketua komite pertahanan Duma Negara, mengatakan kepada media pemerintah bahwa Rusia perlu berhenti berbohong tentang apa yang terjadi di medan perang, dengan mengatakan bahwa warga Rusia tidak bodoh.

Pasukan Ukraina membuat keuntungan di selatan dan timur.

Serhiy Haidai, Gubernur Ukraina wilayah Luhansk, mengatakan kepada BBC pada hari Rabu bahwa enam desa di wilayah itu telah direbut kembali. Dan Presiden Zelensky kemudian mengatakan Ukraina telah membebaskan tiga desa lagi di wilayah selatan Kherson.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1450 seconds (10.55#12.26)