Sering Bermasalah, Kapal Induk AS Senilai Rp198 Triliun Dioperasikan Perdana

Rabu, 05 Oktober 2022 - 11:16 WIB
loading...
Sering Bermasalah, Kapal Induk AS Senilai Rp198 Triliun Dioperasikan Perdana
Kapal induk USS Gerald R Ford. Foto/Huntington Ingalls
A A A
WASHINGTON - Kapal induk terbaru Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) USS Gerald R Ford memulai pengerahan perdananya pada Selasa (4/10/2022).

Ini menjadi tonggak sejarah bagi kapal yang mengalami banyak masalah dengan beberapa teknologi canggih yang dibawanya.

USS Gerald R Ford telah menelan biaya lebih dari USD13 miliar (Rp198 triliun) untuk pembangunannya.



Kapal induk itu akan beroperasi dengan negara-negara sekutu termasuk Kanada, Prancis dan Jerman selama penempatan yang akan mencakup pelatihan pertahanan udara, perang anti-kapal selam dan operasi amfibi.

Video langsung di halaman Facebook Angkatan Laut AS menunjukkan kapal tunda memindahkan kapal induk yang dicat abu-abu dari dermaga di Naval Station Norfolk, Virginia.

“Pengerahan kapal akan menunjukkan daya mematikannya yang tak tertandingi, multi-domain, spektrum penuh di Atlantik,” ungkap Laksamana Daryl Caudle dalam pernyataan sebelum keberangkatan kapal.



“Pengerahan itu akan melibatkan 9.000 orang, 20 kapal perang dan 60 jet tempur dari sembilan negara berbeda,” papar pernyataan Angkatan Laut AS, tanpa memberikan rincian berdasarkan negara.

Ditugaskan pada tahun 2017, kapal induk itu panjangnya lebih dari 335 meter, dan berbobot 101.000 ton saat dimuat penuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2151 seconds (0.1#10.140)