Bentrok Antarnapi Pecah di Penjara Ekuador, 15 Tewas

Rabu, 05 Oktober 2022 - 05:57 WIB
loading...
Bentrok Antarnapi Pecah di Penjara Ekuador, 15 Tewas
Bentrok antarnapi pecah di penjara Ekuador, 15 orang tewas. Foto/New York Post
A A A
QUITO - Bentrokan antara narapidana atau napi bersenjatakan senjata api dan pisau di dalam penjara Latacunga di Ekuador tengah pada Senin menewaskan sedikitnya 15 orang dan 20 lainnya luka-luka. Hal itu diungkapkan pihak berwenang.

Layanan penjara nasional Ekuador mengkonfirmasi jumlah korban tewas di penjara Latacunga, yang terletak 80 kilometer selatan Ibu Kota Quito. Para aagen masih mencari mayat di paviliun penjara.

Video di mana tembakan dan jeritan narapidana terdengar diposting di media sosial seperti dikutip dari AP, Rabu (5/10/2022).



Para pejabat mengaitkan bentrokan itu dengan kelompok-kelompok perdagangan narkoba nasional dan internasional yang telah mengubah penjara-penjara di negara Andes itu menjadi tempat pembantaian.

Bentrokan di penjara kerap terjadi di Ekkuador ketika kelompok-kelompok pengedar narkoba berjuang untuk mendapatkan kekuasaan dan hak distribusi narkoba.

Menurut layanan penjara, sekitar 316 narapidana tewas di dalam penjara Ekuador tahun lalu. Sejauh ini tahun ini ada 90 kematian. Pembantaian terburuk terjadi pada bulan September tahun lalu di Lembaga Pemasyarakatan Litoral di Guayaquil, di mana 125 tahanan tewas.



Sistem penjara Ekuador dirancang untuk menampung sekitar 30.000 orang, tetapi sekitar 35.000 narapidana ditahan di 53 penjara negara bagian pada bulan lalu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)