Spesifikasi Granat Buatan Israel, B-300

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 10:30 WIB
loading...
Spesifikasi Granat Buatan Israel, B-300
Spesifikasi Granat Buatan Israel, B-300
A A A
JAKARTA - Granat buatan Israel yaitu, B-300 adalah sebuah senjata anti-tank yang ringkas dan juga ringan. Granat ini hanya membutuhkan satu pengguna untuk mengoperasikannya.

Dikembangkan oleh Israel Military Industries (IMI) di Israel, granat peluncur roket anti-tank B-300 ini dikembangkan pada 1970, dan memasuki layanan dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada 1980, serta tetap aktif dalam layanan di setiap negara yang memilikinya.

Baca: Makin Brutal, Israel Kerahkan Drone Pembunuh di Tepi Barat

Desainnya yang ringan dan ringkas membuat B-300 ideal untuk digunakan oleh pasukan terjun payung, marinir, dan pasukan khusus. Pada awalnya, B-300 ini ada dalam perang Yom Kippur tahun 1973, di mana pasukan Israel menemukan bahwa peluncur roket M20 Super Bazooka dan M72 LAW mereka tidak memadai untuk melawan armor frontal tank menengah T-62.

Kejutan lain adalah keefektivitasannya tak terduga dari peluncur roket RPG-7 melawan tank M48 dan Centurion, sangat kontras dengan kesulitan dalam mencapai pembunuhan tank dengan senjata yang dimiliki Israel.

IDF juga sangat menyadari perkembangan tank lapis baja yang lebih tebal untuk saat itu, seperti Chieftain dan T-72, dan dengan tren ini jelas menuntut akuisisi senjata anti-tank portabel baru.

Granat B-300 ini memiliki tabung peluncuran panjang, sempit, dan silindris, dengan sedikit kemacetan di bagian belakang. Dua kurung dililitkan di sekitar tabung untuk penguatan, satu sekitar 100 mm di belakang moncong, dan yang lainnya di bilik.

Baca: Israel Pasang Senapan Mesin dengan Kecerdasan Buatan di Hebron, Teror Palestina?

Ada dua pegangan pistol di peluncur yaitu, pegangan depan dan pegangan tembak, yang dipasang berdekatan di depan dan belakang, masing-masing, dekat dengan bilik. Pegangan depan hanya digunakan untuk membantu menstabilkan senjata, sedangkan pegangan tembak mencakup kelompok pemicu, pemilih api, dan pegangan pengaman.

Dipasang di bagian bawah venturi adalah bipod lipat, dan sandaran bahu lipat (yang dapat diturunkan secara independen satu sama lain, atau secara bersamaan). Akhirnya, peluncur sebenarnya hanya membentuk bagian depan senjata yaitu bagian belakang terpasang ketika wadah untuk roket dicolokkan ke dalam ruangan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1737 seconds (11.210#12.26)