Badai Ian Menerjang, 3 Wilayah AS Berlakukan Keadaan Darurat

Kamis, 29 September 2022 - 18:25 WIB
loading...
Badai Ian Menerjang, 3 Wilayah AS Berlakukan Keadaan Darurat
Badai Ian menerjang, 3 wilayah AS berlakukan keadaan darurat. Foto/wkyc
A A A
WASHINGTON - Badai Ian, badai kategori 4 menghantam pantai Amerika Serikat (AS) dengan kecepatan angin mencapai 150 mph. Ini membuat tiga wilayah di AS memberlakukan keadaan darurat.

Sebuah video yang diposting oleh Departemen Pemadam Kebakaran Naples menunjukkan lantai pertama stasiun pemadam kebakaran dibanjiri air sekitar 1 meter. Petugas pemadam kebakaran pun bekerja untuk menyelamatkan peralatan dari truk pemadam kebakaran yang terjebak di luar garasi di air yang lebih dalam.

Naples berada di Collier County, di mana departemen sheriff melaporkan di Facebook bahwa mereka menerima sejumlah besar panggilan telepon dari orang-orang yang terjebak oleh air di rumah mereka dan akan memprioritaskan menjangkau orang-orang yang melaporkan keadaan darurat medis yang mengancam nyawa di perairan dalam.

Baca: Badai Ian Terjang Pantai Teluk Florida, 2 Juta Penduduk Tanpa Listrik

Kekuatan Badai Ian di daratan mengikatnya sebagai badai terkuat kelima ketika diukur dengan kecepatan angin untuk menyerang AS. Di antara badai lainnya adalah Badai Charley, yang menghantam tempat yang hampir sama di pantai Florida pada Agustus 2004, menewaskan 10 orang dan menimbulkan kerugian USD14 miliar.

Ian mendarat lebih dari 160 kilometer sebelah selatan Tampa dan St. Petersburg, menyelamatkan daerah Tampa Bay yang berpenduduk padat dari yang lokasi pertama terkena langsung oleh badai besar sejak 1921.

Banjir bandang mungkin terjadi di seluruh Florida. Bahaya termasuk sisa polusi industri pertambangan pupuk fosfat Florida, lebih dari 1 miliar ton limbah radioaktif ringan yang terkandung di kolam besar yang bisa meluap saat hujan deras.

Pemerintah federal mengirim 300 ambulans dengan tim medis dan siap mengangkut 3,7 juta makanan dan 3,5 juta liter air begitu badai berlalu.

Baca: Badai Ian Mendekat, Jutaan Warga Florida Diimbau Segera Mengungsi

“Kami akan berada di sana untuk membantu Anda membersihkan dan membangun kembali, untuk membantu Florida bergerak lagi,” kata Presiden AS Joe.

“Dan kami akan berada di sana di setiap langkah. Itu komitmen mutlak saya kepada orang-orang di negara bagian Florida,” ia menambahkan seperti dikutip dari France24, Kamis (29/9/2022).

Gubernur Virginia, Georgia, Carolina Selatan, dan Carolina Utara semuanya terlebih dahulu menyatakan keadaan darurat. Para peramal memperkirakan Badai Ian akan berbalik ke negara-negara bagian itu sebagai badai tropis, kemungkinan membawa lebih banyak hujan banjir hingga akhir pekan, setelah melintasi Florida.

Baca: Topan Super Noru Mendekat, Filipina Evakuasi Warga dari Pesisir Pantai

(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1407 seconds (10.55#12.26)