Pendaki Gunung Terkenal Asal AS Hilang di Gunung Manaslu Nepal

Selasa, 27 September 2022 - 16:36 WIB
loading...
Pendaki Gunung Terkenal Asal AS Hilang di Gunung Manaslu Nepal
Pendaku gunung terkenal AS, Hilaree Nelson, hilang di Gunung Manaslu, Nepal. Foto/outsideonline.com
A A A
KATHMANDU - Pendaki gunung dan pemain ski terkenal Amerika Serikat (AS), Hilaree Nelson, hilang di gunung Manaslu Nepal, pada hari yang sama ketika longsoran salju menewaskan seorang pendaki Nepal di puncak yang sama. Hal itu diungkapkan penyelenggara ekspedisi dan pejabat terkait.

Nelson sedang bermain ski di Manaslu setelah berhasil mendaki gunung tertinggi kedelapan di dunia dengan rekannya Jim Morrison pada hari Senin kemarin.

"Dia mengalami kecelakaan kemarin saat dia turun tak lama setelah mencapai puncaknya. Kami mencoba untuk mendapatkan kejelasan tentang apa yang terjadi," kata Jiban Ghimire dari Shangri-La Nepal Treks, yang mengorganisir ekspedisi, kepada AFP seperti dikutip dari France24, Selasa (27/9/2022).

Pada hari yang sama, longsoran salju melanda antara Kamp 3 dan 4 di gunung setinggi 8.163 meter itu, menewaskan seorang pendaki Nepal dan melukai belasan lainnya, kata departemen pariwisata pemerintah.

Kematian itu adalah korban pertama yang dikonfirmasi dari musim pendakian musim gugur di Nepal.

Baca: Warga Israel Tewas di Gunung Rinjani, Zionis Sebut Indonesia Persulit Penyelamatan

Hujan dan salju yang terus-menerus menjadi tantangan bagi 404 pendaki yang membayar yang berusaha mencapai puncak Manaslu tahun ini, dan cuaca buruk juga menghambat upaya penyelamatan, dengan helikopter tidak dapat terbang pada hari Senin karena kondisi tersebut.

Ghimire mengatakan bahwa cuaca telah membaik pada hari Selasa dan sebuah helikopter sedang menuju ke lokasi kecelakaan Nelson.

"Morrison dengan selamat mencapai base camp dan menemani tim pencarian dan penyelamatan," tambah Ghimire.

Sebelum hilang, Nelson sempat memposting tentang keraguannya mendaki Gunung Manaslu di Instagram.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1852 seconds (10.101#12.26)