Cuaca Ekstrem Landa India Utara, Puluhan Orang Tewas Tersambar Petir

Minggu, 25 September 2022 - 22:30 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem Landa India Utara, Puluhan Orang Tewas Tersambar Petir
Cuaca Ekstrem Landa India Utara, Puluhan Orang Tewas Tersambar Petir. FOTO/Reuters
A A A
NEW DELHI - Cuaca berbahaya telah menewaskan sedikitnya 36 orang di India utara selama 24 jam terakhir, termasuk 12 orang yang tersambar petir . Para pejabat memperingatkan, hujan lebat yang lebih deras akan terjadi dalam beberapa hari mendatang.

“Di seluruh negara bagian utara Uttar Pradesh, sedikitnya 24 orang tewas setelah rumah mereka runtuh di tengah hujan yang tak henti-hentinya,” kata Komisaris Bantuan Ranvir Prasad, seperti dikutip dari AP.

Baca: Aneh, Pria Ini Tersambar Petir Saat Asyik Main PlayStation di Rumahnya

Menurut laporan AP, seorang remaja India, Mohamed Usman (15), berada di atap rumah temannya di kota Prayagraj ketika petir menyambar pada Jumat malam. Petir itu membunuhnya seketika. Temannya Aznan, yang menggunakan satu nama, terluka dan dirawat di rumah sakit.

“Begitu mereka menginjakkan kaki di atap, mereka disambar petir dan anak saya meninggal,” kata Mohammad Ayub, ayah Usman. Sambaran petir biasa terjadi selama musim hujan di India, yang berlangsung dari Juni hingga September.

Para pejabat mengatakan, 39 orang di negara bagian itu telah meninggal karena petir dalam lima hari terakhir. Kondisi ini mendorong pihak berwenang untuk mengeluarkan pedoman baru tentang bagaimana orang dapat melindungi diri mereka sendiri selama badai petir.

Baca: Ngeri! Sepasang Kekasih Tersambar Petir saat Berduaan di Tenda, sang Lelaki Tewas

Kolonel Sanjay Srivastava, yang organisasinya Lightning Resilient India Campaign bekerja sama dengan Departemen Meteorologi India, mengatakan bahwa penggundulan hutan, penipisan badan air, dan polusi semuanya berkontribusi pada perubahan iklim, yang menyebabkan lebih banyak petir.

“Pemanasan global juga meningkatkan frekuensi petir,” kata Sunita Narain, Direktur Jenderal di Pusat Sains dan Lingkungan. Kenaikan suhu 1 derajat Celcius (1,8 derajat Fahrenheit) meningkatkan petir 12 kali lipat.

Ada peningkatan 34% dalam sambaran petir di seluruh India selama setahun terakhir, yang telah menyebabkan kematian juga melonjak. India mencatat 1.489 kematian akibat petir pada 2016, dan jumlahnya meningkat menjadi 2.869 pada 2021, menurut Srivastava.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1351 seconds (10.177#12.26)