Negara-negara dengan Pemeluk Agama Kristen Terbanyak

Rabu, 21 September 2022 - 22:00 WIB
loading...
Negara-negara dengan Pemeluk Agama Kristen Terbanyak
Ruangan Gereja Katedral St Patrick di Manhattan, New York City, New York, AS. Foto/REUTERS/Jeenah Moon
A A A
WASHINGTON - Terdapat sekitar 2,38 miliar orang di dunia yang menganut agama Kristen. Di beberapa negara, Kristen menjadi yang agama yang dominan.

Bahkan ada negara yang seluruh penduduknya merupakan umat Kristen, seperti Vatikan. Berikut negara dengan pemeluk agama Kristen terbanyak, berdasarkan data Pew Research Center tentang Agama dan Kehidupan Umum yang dirilis Desember 2011.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menempati urutan nomor satu dalam daftar negara dengan penduduk beragama Kristen terbanyak di dunia.

Negara beribu kota Washington DC ini memiliki jumlah penduduk beragama Kristen sebanyak 246.780.000 jiwa atau 79,5% dari total populasi Amerika Serikat.

Jumlah tersebut sudah terbentuk sejak dulu karena Amerika sebagai tempat yang diisi mayoritas Kristen.

Populasi agama Kristen di Amerika yakni Kristen Protestan dengan gereja Baptis sebagai denominasi terbesar.

Ada beberapa aliran dan sekte gereja yang terbentuk di Amerika yaitu seperti Pentakosta, Karismatik, Adevent, Mormon, Jehova, dan lainnya.

2. Brasil

Negara terbesar di Benua Amerika Selatan, Brasil, adalah rumah bagi penduduk Katolik terbesar di dunia. Brasil memiliki total 175.770.000 jiwa penganut agama Kristen.

Jumlah tersebut adalah 90,2% jiwa dari total penduduknya. Brasil menyumbang 8% dari jumlah seluruh umat Kristen di dunia.

3. Meksiko

Meksiko merupakan bagian penting dari populasi Kristen dunia. Ada total 4,9% umat Kristiani dunia berada di Meksiko.

Total penduduk beragama Kristen di Meksiko yakni sebesar 107.780.000 dari total penduduknya atau sekitar 95%. Sebagian populasi Kristen di Meksiko adalah Kristen Katolik.

4. Rusia

Rusia memiliki populasi penduduk beragama Kristen sebagai 105.220.000 atau sekitar 73,6% dari jumlah keseluruhan penduduk Rusia.

Dari sebagian umat Kristiani yang merupakan anggota tradisi Ortodoks dan menjadikan mereka populasi terbesar umat Kristen Ortodoks di dunia. Rusia menyumbang 4,8% dari umat Kristen dunia.

5. Filipina

Filipina adalah negara Kristen terbesar di Asia dan keempat di dunia. Populasi Kristen di Filipina yakni 86.790.000 jiwa atau sekitar 93,1% dari total populasi penduduk Filipina.

Jumlah pemeluk Kristen di Filipina mengisi 4% dari total umat Kristen di dunia. Sejak abad ke-15, agama Kristen telah berkembang di Filipina. Umat Kristen di Filipina didominasi oleh Kristen Katolik.

6. Nigeria

Nigeria memiliki populasi Kristen sebesar 50,8% dari populasi penduduk, serta menyumbang 3,7% populasi Kristen di seluruh dunia.

Jumlah pemeluk agama Kristen di Nigeria mencapai 80.510.000 jiwa. Walau bukan agama mayoritas, namun Kristen adalah salah satu agama terbesar di Nigeria.

Agama Kristen di Nigeria mayoritas adalah Kristen Protestan. Salah satu pendeta terkenal asal Nigeria adalah Sunday Adelaja. Pengenalan agama Kristen ke Nigeria bahkan sudah dilakukan pada abad ke-19.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)