Reaktor Nuklir Jerman Bocor, Keamanan Energi Makin Terancam

Rabu, 21 September 2022 - 16:46 WIB
loading...
Reaktor Nuklir Jerman Bocor, Keamanan Energi Makin Terancam
Pembangkit listrik tenaga nuklir Isar 2 di tepi sungai Isar di Eschenbach dekat Landshut, Jerman, 17 Agustus 2022. Foto/REUTERS/Christian Mang
A A A
BERLIN - Kebocoran reaktor terdeteksi di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Isar 2 di negara bagian Bavaria, Jerman selatan.

Kabar tersebut diungkap Kementerian Lingkungan Jerman pada Senin (19/9/2022), mengutip operator pembangkit tersebut.

Kerusakan tersebut tampaknya tidak menimbulkan risiko bagi publik, tetapi dapat membahayakan rencana pemerintah untuk mengatasi kekurangan energi, yang terutama dipicu konflik Ukraina.



Menurut kementerian, pekerjaan pemeliharaan akan dilakukan pada Oktober, dan akan memakan waktu setidaknya seminggu untuk memperbaiki masalah.

“Selama periode itu, semua operasi di PLTN, yang dijalankan anak perusahaan E.ON, PreussenElektra, harus dihentikan sepenuhnya,” ungkap kementerian itu.

Awalnya, pembangkit listrik tenaga nuklir dijadwalkan offline pada akhir 2022 sebagai bagian dari upaya Jerman menghapus energi atom secara bertahap.

Namun, krisis energi saat ini telah memaksa Berlin menempatkan fasilitas tersebut dalam keadaan siaga hingga April 2023 sebagai sumber daya cadangan, yang dapat dimanfaatkan jika situasinya memburuk.

Kementerian Lingkungan mengatakan saat ini sedang memeriksa apakah PLTN tersebut dapat digunakan untuk tujuan itu, mengingat perkembangan terakhir.

Seorang juru bicara utilitas listrik E.ON, bagaimanapun, menyatakan keyakinannya solusi yang memungkinkan Isar 2 berfungsi setelah 31 Desember dapat disepakati dengan pemerintah Jerman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)