Jenderal AS: Perlu 2-3 Tahun agar Ukraina Dapat Jet Tempur F-16

Selasa, 20 September 2022 - 16:25 WIB
loading...
Jenderal AS: Perlu 2-3 Tahun agar Ukraina Dapat Jet Tempur F-16
Jet tempur F-16 AS bermanuver di udara. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Jika Amerika Serikat (AS) memutuskan memberi Ukraina jet tempur F-16, dibutuhkan dua hingga tiga tahun sebelum Kiev benar-benar bisa mendapatkannya.

Pernyataan itu diungkap dalam laporan Politico, mengutip Jenderal Angkatan Udara AS James Hecker.

Hecker, yang mengepalai US Air Forces in Europe-Air Forces Africa (USAFE-AFAFRICA) dikatakan telah membuat prediksi tersebut saat berpidato pada Senin di konferensi tahunan Asosiasi Angkatan Udara.



Menurut Politico, Hecker menempatkan penundaan itu karena masalah logistik dan pelatihan.

Meski demikian, dia percaya bahwa Ukraina bisa mendapatkan pesawat tempur buatan AS di masa depan, karena “orang-orang mulai berpikir lebih jangka panjang.”

Outlet tersebut melaporkan pekan lalu bahwa pemerintah AS sedang mempertimbangkan mengirim rudal anti-pesawat jarak jauh Patriot dan F-16 ke Ukraina, dengan prediksi konflik dengan Rusia akan berlangsung selama bertahun-tahun.



Washington telah meningkatkan pengiriman senjatanya selama konflik. AS akhirnya setuju menyediakan sistem roket multi-peluncuran, seperti HIMARS, serta platform artileri jarak jauh.

AS telah mengirim senjata yang semakin berat ke Kiev. Washington menyatakan akan memberikan bantuan militer selama yang diperlukan untuk mengusir pasukan Rusia dari setiap bagian wilayah yang diklaim Ukraina di bawah kedaulatannya.

Namun, Pentagon sejauh ini menahan diri untuk tidak mengirimkan beberapa senjatanya yang lebih canggih, seperti tank tempur berat atau jet tempur.

Meski demikian, AS setuju memfasilitasi transfer peralatan era Soviet dari negara ketiga seperti Polandia dan Republik Ceko ke Ukraina.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)