Gempa 7,6 SR Landa Meksiko Bertepatan dengan Peringatan Gempa Mematikan

Selasa, 20 September 2022 - 04:30 WIB
loading...
Gempa 7,6 SR Landa Meksiko Bertepatan dengan Peringatan Gempa Mematikan
Gempa berkekuatan 7,6 skala Richter mengguncang Meksiko menyebabkan satu orang tewas karena tertimpa reruntuhan. Foto/Ilustrasi
A A A
MEXICO CITY - Gempa bumi dengan magnitudo kuat melanda Meksiko barat pada Senin waktu setempat, menewaskan sedikitnya satu orang dan menyebabkan kepanikan hingga ratusan kilometer jauhnya di Mexico City. Gempa itu terjadi bertepatan dengan peringatan dua gempa dahsyat yang terjadi beberapa tahun lalu.

Badan seismologi nasional Meksiko melaporkan gempa itu berkekuatan 7,4 skala Richter (SR) dengan kedalaman 15 kilometer. Sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat memperkirakan besarnya 7,6.

Menurut badan seismolog Meksiko, pusat gempa terletak di dekat pantai Pasifik, sekitar 400 kilometer barat Ibu Kota Mexico City dan 59 kilometer sebelah selatan Coalcoman di negara bagian Michoacan.

Tidak ada risiko tsunami, kata badan perlindungan sipil negara itu.

"Kupikir aku akan terkena serangan jantung!" kata Gabriela Ramirez (58) salah satu dari banyak penduduk di seluruh kota yang bergegas turun ke jalan seperti dikutip dari France24, Selasa (20/9/2022).



Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan di Twitter bahwa satu orang tewas akibat tertimpa puing-puing bangunan yang jatuh di Manzanillo di negara bagian barat Colima.

"Diyakini tidak ada kerusakan serius di Mexico City," katanya.

Itu adalah gempa besar ketiga yang tercatat melanda Meksiko pada 19 September.

Alarm gempa peringatan dini Mexico City berbunyi kurang dari satu jam setelah ibu kota itu mengadakan latihan darurat sebagai bagian dari acara untuk menandai bencana tahun 1985 dan 2017.

"Rasanya mengerikan. Kami turun begitu merasakannya, ketika alarm berbunyi," kata Karina Suarez (37) setelah mengevakuasi gedung tempat dia tinggal di ibu kota.



Di Mexico City, warga melaporkan kerusakan ringan dan pecahan kaca di beberapa bangunan di media sosial.

Meksiko berada di zona paling aktif secara seismik dan vulkanik di dunia, yang dikenal sebagai Cincin Api, di mana lempeng Pasifik bertemu dengan lempeng tektonik di sekitarnya.

Pada tanggal 19 September 1985 gempa berkekuatan 8,1 SR di Mexico City menewaskan lebih dari 10.000 orang dan menghancurkan ratusan bangunan. Sedangkan pada peringatan gempa bumi tahun 2017, gempa berkekuatan 7,1 menyebabkan sekitar 370 orang tewas, terutama di ibu kota.

Mexico City dibangun di cekungan alami yang diisi dengan endapan bekas danau, membuatnya sangat rentan terhadap gempa bumi.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)