Pertukaran Tawanan, Sandera AS Terakhir Dibebaskan Taliban

Senin, 19 September 2022 - 23:58 WIB
loading...
Pertukaran Tawanan, Sandera AS Terakhir Dibebaskan Taliban
Sandera terakhir AS yang ditawan Taliban, Mark Frerichs (Kiri) dibebaskan lewat pertukaran tahanan dengan seorang petinggi suku Afghanistan Bashir Noorzai. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
KABUL - Taliban telah membebaskan seorang insinyur asal Amerika yang mereka sandera sejak 2020 lalu dengan imbalan seorang pemimpin suku Afghanistan yang ditahan Amerika Serikat (AS) sejak 2005.

"Mark Frerichs diserahkan di bandara Kabul pada Senin (19/9/2022)," kata Taliban seperti dikutip dari BBC.

Sebagai imbalannya mereka menerima Bashir Noorzai, sekutu Taliban yang menjalani hukuman seumur hidup karena perdagangan narkoba.

Bashir Noorzai disambut sebagai pahlawan sekembalinya ke Ibu Kota Afghanistan, dan disambut oleh pejuang Taliban yang membawa karangan bunga.

"Pembebasan saya bersama dengan seorang Amerika akan membuat perdamaian antar negara," katanya dalam konferensi pers.

Noorzai adalah sekutu dekat dan teman pendiri Taliban Mullah Omar. Ia membantu membiayai pemerintahan Taliban pertama pada 1990-an.

Dia tidak memegang posisi resmi tetapi memberikan dukungan kuat termasuk senjata, kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid kepada kantor berita AFP.



Noorzai telah menjalani hukuman 17 tahun di penjara AS karena penyelundupan heroin. Jaksa mengatakan dia menjalankan operasi penanaman opium besar-besaran di provinsi Kandahar, jantung tradisional Taliban di selatan negara itu.

Pada saat penangkapannya pada tahun 2005, ia dianggap sebagai salah satu pengedar narkoba terbesar di dunia, mengendalikan lebih dari setengah ekspor narkoba Afghanistan, yang merupakan sebagian besar hasil panen dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)