Rumah-rumah Termahal di Dunia, Nomor 2 Ada di Asia

Sabtu, 17 September 2022 - 05:30 WIB
loading...
Rumah-rumah Termahal di Dunia, Nomor 2 Ada di Asia
Rumah Antilia berada di Mumbai, India. Foto/luxe digest
A A A
NEW DELHI - Ada rumah yang memiliki harga termahal di dunia. Bahkan ada yang nilainya mencapai Rp42,05 triliun. Rumah termahal di dunia itu juga memiliki fasilitas yang luar biasa.

Berikut daftar rumah-rumah termahal di dunia.

1. Istana Buckingham

Rekor rumah termahal di dunia dimiliki keluarga Kerajaan Inggris. Rumah ini merupakan satu dari sejumlah properti mewah milik mereka.

Rumah-rumah Termahal di Dunia, Nomor 2 Ada di Asia


Istana Buckingham terletak di kota Westminster, London. Bangunan yang menjadi kediaman resmi monarki sejak tahun 1873 ini mempunyai ratusan kamar.

Terdapat 775 kamar, 188 kamar staf, termasuk 52 kamar tidur kerajaan dan tamu di Istana Buckingham. Ditambah lagi, 92 kantor, 78 kamar mandi, dan 19 kabin.

Istana Buckingham memiliki luas sekitar 828 ribu persegi dan tamannya sendiri seluas 40 hektare. Jika istana ini dijual, diperkirakan nilainya sekitar USD2,9 miliar.

2. Antilia

Siapa sangka, rumah termahal kedua di dunia terletak di Mumbai, India. Rumah Antilia memiliki luas bangunan 400.000 kaki persegi atau sekira 37.161,22 meter persegi.

Rumah-rumah Termahal di Dunia, Nomor 2 Ada di Asia


Bukan hanya 1 atau 3 lantai, Antilia yang berdiri di Bukit Cumballa, Mumbai ini memiliki 27 lantai. Setiap lantainya memiliki langit-langit yang tinggi.

Dirancang oleh Perkins dan Will, firma arsitektur yang berbasis di Chicago, Antilia diperkirakan bernilai USD1 miliar hingga USD2 miliar.

Arsitektur bangunan milik Mukesh Ambani, CEO Reliance Industries yang pada Februari lalu dinobatkan sebagai orang terkaya se-Asia, ini sangat menarik perhatian.

Rumah yang memadukan mal, hotel, arena bermain, dan tempat wisata berdesain mewah ini juga disebutkan mampu bertahan dari gempa berkekuatan 8 SR.

Enam lantai Antilia digunakan untuk menyimpan mobil. Terdapat pula kuil, bioskop 50 kursi, dan 9 lift, serta fasilitas tiga helipad, salon, spa kesehatan, ballroom, studio yoga serta masih banyak lain.

3. Villa Leopolda

Villa Leopolda adalah rumah termahal ketiga di dunia yang dimiliki oleh Lily Safra, janda mendiang bankir Lebanon Edmond J Safra.

Rumah-rumah Termahal di Dunia, Nomor 2 Ada di Asia


Namun, pada Juli 2022, Lily Safra meninggal dunia. Terletak di Frances Alps-Maritime, Cote d'Azur, Prancis, dengan luas lahan 20,23 hektare, villa ini memiliki 11 kamar tidur, 14 kamar mandi, rumah kaca komersial. Dilengkapi pula dengan helipad, dapur luar ruangan, dan kolam renang.

Bangunan ini pernah menjadi tempat syuting film Alfred Hitchcock tahun 1955, To Catch a Thief. Villa Leopolda dahulunya dimiliki oleh Raja Leopold II dari Belgia.

Pada 1920, bangunan ini didesain ulang oleh arsitek Amerika. Diperkirakan, harga Villa Leopolda mencapai USD750 juta.

4. Villa Les Cedres

Rumah termahal selanjutnya masih berlokasi di Prancis, Villa Les Cedres. Bangunan yang terletak di Saint-Jean-Cap-Ferrat, Prancis ini diperkirakan senilai USD450 juta.

Rumah-rumah Termahal di Dunia, Nomor 2 Ada di Asia


Villa Les Cedres pertama kali dibangun pada tahun 1830. Kemudian dibeli oleh Raja Leopold II dari Belgia pada tahun 1904.

Properti yang memiliki taman seluas 14,164 hektare ini dinamai sesuai dengan nama pohon cedar yang bisa ditemui di seluruh areanya.

Luas bangunannya sendiri sekitar 18.000 kaki persegi atau 1.672,25 meter persegi dan memiliki 14 kamar tidur.

Bangunan ini dilengkapi dengan fasilitas kolam renang ukuran olimpiade. Bagian dalam rumahnya juga diisi dengan interior lampu kristal, kerajinan kayu berlapis emas, hingga lukisan cat minyak abad ke-19.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)