AS: Rusia Habiskan Rp4,4 Triliun untuk Pengaruhi Politisi dan Pejabat di Dunia

Rabu, 14 September 2022 - 17:06 WIB
loading...
AS: Rusia Habiskan Rp4,4 Triliun untuk Pengaruhi Politisi dan Pejabat di Dunia
AS: Rusia Habiskan Rp4,4 Triliun untuk Pengaruhi Politisi dan Pejabat di Dunia. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Rusia diam-diam telah menghabiskan lebih dari USD300 juta (Rp4,4 triliun) sejak 2014 untuk mencoba mempengaruhi politisi dan pejabat di lebih dari dua lusin negara di seluruh dunia. Hal itu diungkapkan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS).

Seperti dikutip dari AP, isi kabel yang dirilis pada Selasa (13/9/2022), mengutip penilaian intelijen baru tentang upaya rahasia global Rusia untuk mendukung kebijakan dan pihak-pihak yang bersimpati kepada Moskow.



Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price menyebut pendanaan rahasia Rusia sebagai “serangan terhadap kedaulatan.”

“Ini adalah upaya untuk mengurangi kemampuan orang di seluruh dunia untuk memilih pemerintah yang mereka anggap paling cocok untuk mewakili mereka, untuk mewakili kepentingan mereka, dan untuk mewakili nilai-nilai mereka,” kata Price.

Departemen Luar Negeri AS mengambil langkah yang tidak biasa dengan merilis kabel diplomatik yang dikirim pada hari Senin ke banyak kedutaan besar dan konsulat AS di luar negeri, banyak dari mereka di Eropa, Afrika dan Asia Selatan, menyampaikan keprihatinan.

Kabel tersebut tidak menyebutkan target spesifik Rusia, tetapi mengatakan AS memberikan informasi rahasia untuk memilih negara-negara tertentu.



Ini adalah upaya terbaru oleh pemerintahan Presiden Joe Biden untuk mendeklasifikasi intelijen tentang tujuan militer dan politik Moskow, yang pada akhirnya mengoreksi penilaian bahwa Rusia akan meluncurkan perang baru melawan Ukraina.

Banyak pejabat tinggi keamanan nasional Presiden Joe Biden memiliki pengalaman luas melawan Moskow dan bertugas di pemerintahan ketika Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan kampanye luas untuk mempengaruhi pemilihan presiden AS 2016 dan 2020.

Seorang pejabat senior pemerintah menolak untuk mengatakan berapa banyak uang yang diyakini telah dihabiskan Rusia di Ukraina, di mana Presiden Volodymyr Zelensky dan para deputi tingginya telah lama menuduh Putin ikut campur dalam politik dalam negeri.

Pejabat itu mencatat tuduhan pengaruh Rusia dalam pemilihan baru-baru ini di Albania, Bosnia dan Montenegro, semua negara Eropa Timur yang telah menghadapi tekanan historis dari Moskow.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)