alexametrics

Australia Pertimbangkan Jadi Tempat Berlindung Warga Hong Kong

loading...
Australia Pertimbangkan Jadi Tempat Berlindung Warga Hong Kong
Australia dilaporkan mempertimbangkan untuk menyediakan tempat berlindung yang aman bagi penduduk Hong Kong. Foto/REUTERS
A+ A-
CANBERA - Australia dilaporkan mempertimbangkan untuk menyediakan tempat berlindung yang aman bagi penduduk Hong Kong. Rencana ini datang setelah Undang-undang Keamanan Nasional baru telah disahkan dan mulai berlaku di Hong Kong.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengatakan situasi di Hong Kong sangat memprihatinkan dan pemerintahannya sangat aktif mempertimbangkan proposal untuk mendirikan warga Hong Kong.

(Baca juga: Inggris Tawarkan Kewarganegaraan kepada Tiga Juta Warga Hong Kong)

Ditanya oleh wartawan apakah Australia dapat memperpanjang penawaran "safe haven" kepada warga Hong Kong, Morrison mengiyakannya. Dia mengatakan tindakan itu akan segera dipertimbangkan oleh kabinetnya, mengisyaratkan bahwa itu akan disetujui.



"Kami pikir itu penting dan sangat konsisten dengan siapa kami sebagai manusia," kata Morrison dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Kamis (2/7/2020).

Morrison mengatakan, tidak ada keputusan akhir yang dibuat tentang bagaimana pengaturan Australia akan disusun. "Tetapi, Australia siap untuk melangkah dan memberikan dukungan kepada penduduk Hong Kong," ujarnya.



Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson telah menawarkan kesempatan untuk tinggal dan bekerja di Inggris kepada tiga juta penduduk Hong Kong.

(Baca juga: PKS Desak DPR Cabut RUU HIP dari Prolegnas 2020)
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak