Kisah Gavric Momcilo, Bocah 8 Tahun yang Jadi Serdadu Militer di Perang Dunia I

Selasa, 13 September 2022 - 23:03 WIB
loading...
Kisah Gavric Momcilo, Bocah 8 Tahun yang Jadi Serdadu Militer di Perang Dunia I
Gavric Momcilo, bocah 8 tahun asal Serbia yang jadi serdadu militer termuda dalam Perang Dunia I. Foto/Via Al Arabiya
A A A
JAKARTA - Gavric Momcilo menjadi prajurit termuda yang tercatat dalam sejarah Perang Dunia I. Bocah berumur 8 tahun asal Serbia ini ikut angkat senjata mempertaruhkan nyawa.

Pada masa Perang Dunia I, anak-anak memang dibolehkan ikut serta. Inggris, misalnya, saat itu merekrut ratusan ribu anak di bawah 18 tahun untuk berperang.

Mengutip dari laporan Al Arabiya, Gavric Momcilo lahir pada 1 Mei 1906 di sebuah desa di Loznica sebelah barat Serbia. Dia anak ke-8 dari 11 bersaudara.

Pada tahun 1914, pasukan Austria melakukan pembantaian dan membakar desa bocah tersebut. Ajaibnya, Momcilo berhasil selamat.

Baca juga: Bank Salah Transfer Rp744,1 Triliun, Pria Ini Mendadak Jadi Orang Terkaya ke-25 di Dunia

Sementara orang tua dan saudara-saudaranya telah tewas dalam serangan Austria. Anak kecil ini berlari menuju Gunung Gucevo untuk mencari bantuan.

Dalam pelariannya, dia bertemu dengan Divisi Artileri Keenam. Saat itulah, Momcilo diterima menjadi prajurit dengan status anak yatim piatu.

Pada Agustus 1914, Momcilo mengikuti pertempuran pertamanya bersama Divisi Artileri Keenam melawan tentara Austria dalam Pertempuran Cer.

Dalam perang tersebut, Serbia menang. Momcilo lantas mendapatkan seragam militer yang dibuat khusus untuknya.

Sayangnya, pada tahun 1915, pasukan Serbia harus menelan kekalahan setelah negara itu jatuh ke tangan pasukan Austria dan Jerman.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1488 seconds (11.97#12.26)