Seteru Kian Memanas, Yunani Tembaki Kapal Turki

Senin, 12 September 2022 - 12:27 WIB
loading...
Seteru Kian Memanas, Yunani Tembaki Kapal Turki
Kapal Coast Guard Yunani menembaki kapal kargo Anatolia milik Turki di perairan internasional di Laut Aegea. Ini menandai perseteruan yang makin memanas di antara kedua negara NATO. Foto/Screenshot video Anadolu
A A A
ATHENA - Kapal Coast Guard Yunani menembaki sebuah kapal kargo Turki yang berlayar di perairan internasional di Laut Aegea. Rentetan tembakan yang diklaim Athena sebagai peringatanini menandai perseteruan yang semakin memanas di antara kedua negara NATO tersebut.

Coast Guard Turki, dalam sebuah pernyataan, mengatakan tidak ada korban jiwa dalam penembakan di area 11 mil laut (20 km) barat daya pulau Bozcaada, Turki, pada Sabtu pekan lalu.

"Setelah 'tembakan pelecehan' dari dua kapal Yunani, dua kapal Coast Guard Turki pergi ke daerah itu dan kapal-kapal Yunani pergi," lanjut pernyataan tersebut seperti dikutip Al Jazeera, Senin (12/9/2022).

Coast Guard Yunani mengonfirmasi bahwa mereka melepaskan "tembakan peringatan" ke sebuah kapal yang bergerak mencurigakan di perairan teritorial Yunani di lepas pulau Lesbos.



Menurut seorang pejabat Coast Guard Yunani, kapten kapal kargo yang diberi tembakan peringatan menolak untuk mengizinkan inspeksi dan kemudian dikawal ke perairan Turki terdekat.

Pejabat itu menambahkan bahwa pihaknya memberi tahu otoritas maritim di Turki tentang insiden tersebut.

Daerah itu dikenal dengan banyak kapal yang membawa migran dari Turki ke negara-negara Uni Eropa; Yunani dan Italia.

Coast Guard Yunani mengatakan mereka secara teratur memeriksa kapal-kapal yang berperilaku mencurigakan di Laut Aegea.

Perseteruan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)