Viral karena Parodikan Gaya Salt Bae, Penjual Mie Diciduk Polisi

Minggu, 11 September 2022 - 09:51 WIB
loading...
Viral karena Parodikan Gaya Salt Bae, Penjual Mie Diciduk Polisi
Penjual mie di Vietnam yang dikenal sebagai Green Union Bae ditangkap polisi karena parodinya menirukan Salt Bae dianggap mengkritik pejabat. Foto/BBC
A A A
HANOI - Seorang penjual mie yang memparodikan gaya koki selebriti asal Turki Nusret Gokce, yang dikenal sebagai Salt Bae, di Vietnam ditangkap karena dianggap melakukan propaganda anti-negara.

Bui Tuan Lam (38) tahun lalu memposting video yang secara luas dianggap mengejek seorang menteri senior pemerintah. Itu terkait sebuah video yang memperlihatkan pejabattersebut sedang diberi steak bertatahkan emas oleh Salt Bae, yang steaknya berharga hingga USD1.725 atau sekitar Rp25,5 juta.

Harga itu membuat heran karena banyak yang hidup dalam kemiskinan di Vietnam, negara satu partai yang sering memenjarakan para kritikus.

Istri Bui Tuan Lam mengatakan kepada BBC Vietnam bahwa Lam "diculik" pada Rabu sore oleh polisi, yang kembali bersamanya beberapa jam kemudian dengan surat perintah untuk menggeledah rumahnya.

Dia mengatakan mereka telah mempersiapkan mental untuk penangkapan sejak suaminya dipanggil oleh polisi November lalu.

Lam, yang mengelola warung mie daging sapi di kota Danang, pada saat itu mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak mengerti mengapa dia dipanggil, menambahkan bahwa polisi mengatakan itu harus "dirahasiakan".



Dia ditangkap pada hari Rabu di bawah Pasal 117, sebuah pasal dengan penafsiran luas yang mengkriminalisasi meraka yang memproduksi atau menyebarkan informasi "menentang" negara seperti dikutip dari BBC, Minggu (11/9/2022).

Polisi mengatakan pihak berwenang telah berulang kali memperingatkan Lam agar tidak memposting konten yang menghina kehormatan dan reputasi para pemimpin.

Parodi "Green Onion Bae" yang dideskripsikan sendiri oleh Lam diposting beberapa hari setelah Jenderal To Lam, Menteri Keamanan Publik Vietnam, divideokan sedang makan di restoran mahal milik Salt Bae di London.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)