Raja Salman dan Putra Mahkota MBS Ucapkan Selamat kepada Raja Charles

Sabtu, 10 September 2022 - 22:07 WIB
loading...
Raja Salman dan Putra Mahkota MBS Ucapkan Selamat kepada Raja Charles
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) mengucapkan selamat kepada Raja Charles. Foto/CNN
A A A
RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MBS) mendoakan kesuksesan dan kemakmuran bagi Raja baru Inggris Charles III.

"Dalam sebuah pesan kepada raja Inggris, para pemimpin Kerajaan memuji hubungan antara kedua negara dan menegaskan kesediaan mereka untuk kerjasama bilateral lebih lanjut," lapor Saudi Press Agency seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (10/9/2022).

Kabel dari Raja Salman juga dilaporkan membawa pesan kesehatan yang baik.

Baca: Kisah Ratu Elizabeth II Nyetir Mobil Bikin Putra Mahkota Arab Saudi Ketakutan

Raja Charles berjanji untuk mengikuti contoh mendiang ibunya ketika ia secara resmi dinyatakan sebagai raja baru Inggris pada upacara bersejarah di Istana St James.

Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia 96 tahun pada Kamis lalu setelah bertakhta selama 70 tahun. Rencana pemakamannya telah dipersiapkan sejak lama dan sangat koreografi untuk hari berkabung nasional serta pemakaman kenegaraan akan diadakan hanya dalam waktu seminggu.

Charles, yang berusia 73 tahun, langsung menggantikan posisi ibunya tetapi Dewan Aksesi bertemu pada hari Sabtu untuk menyatakan dia sebagai raja, dengan putra dan pewarisnya William, istrinya Camilla dan perdana menteri baru Inggris, Liz Truss, di antara mereka yang menandatangani proklamasi.

Baca: Belasungkawa, Raja Salman dan Pangeran Mohammed bin Salman Puji Ratu Elizabeth II

Selama pertemuan resmi dewan, enam mantan perdana menteri, uskup, dan sejumlah politisi meneriakkan “God Save The King.”

"Saya sangat menyadari warisan besar ini dan tugas serta tanggung jawab berat Kedaulatan yang kini telah diserahkan kepada saya," kata Charles.

“Dalam mengambil tanggung jawab ini, saya akan berusaha untuk mengikuti contoh inspiratif yang telah saya berikan dalam menegakkan pemerintahan konstitusional dan untuk mencari perdamaian, harmoni, dan kemakmuran masyarakat pulau-pulau ini dan wilayah dan wilayah Persemakmuran di seluruh dunia,” imbuhnya.

Baca: Misteri Ratu Elizabeth II Tak Pernah Kunjungi Israel, Takut Diboikot Arab?

(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2561 seconds (11.252#12.26)