Simak Perbedaan Inggris, Inggris Raya, The British Isles dan Britania Raya

Sabtu, 10 September 2022 - 16:59 WIB
loading...
Simak Perbedaan Inggris, Inggris Raya, The British Isles dan Britania Raya
Ini perbedaan Inggris, Inggris Raya, The British Isles dan Britania Raya. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Inggris merupakan salah satu negara di kawasan Eropa. Negara ini berbagi berbatasan dengan Wales di barat, dan Skotlandia di bagian utaranya.

Berbicara tentang Inggris, sebagian orang mungkin cukup sering mengaitkannya dengan istilah Inggris Raya(UK), Kepulauan Inggris atau British Isles, hingga Britania Raya(Great Britain). Tak jarang, mereka juga menganggap keempatnya sama.

Adapun anggapan tersebut sebenarnya kurang tepat. Karena baik Inggris, Inggris Raya, British Isles maupun Britania Raya memiliki perbedaan makna dan definisinya. Berikut ulasannya.



- Inggris Raya (UK)

Dikutip dari laman Historic UK, Inggris Raya atau biasa dikenal dengan United Kingdom (UK) memiliki nama lengkap United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

Inggris Raya (UK) merupakan negara berdaulat yang wilayahnya terdiri dari empat negara konstituen, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, serta Irlandia Utara. Kemudian, untuk ibu kota Inggris Raya (UK) sendiri adalah London, salah satu kota yang berada di Inggris.

- Britania Raya (Great Britain)

Berbeda dengan Inggris Raya (UK), Britania Raya bukanlah sebuah negara. Lebih tepatnya mungkin bisa disebut sebagai sebuah daratan besar. Dikutip dari Historic UK, Britania Raya menjadi daratan terbesar di Kepulauan Inggris dan menjangkau beberapa negara seperti Inggris, Skotlandia, hingga Wales.

Nama Britain sendiri berasal dari kata Romawi ‘Britannia’. Dalam hal ini, ada dua argumen yang berkaitan dengan penyematan kata ‘Great’ di bagian nama depannya. Pendapat pertama menyebut bahwa kata tersebut digunakan untuk membedakannya dengan Inggris yang terlihat serupa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)