AS Jelaskan Mengapa Senjata Beratnya Tetap Berada di Jepang

Sabtu, 10 September 2022 - 06:15 WIB
loading...
AS Jelaskan Mengapa Senjata Beratnya Tetap Berada di Jepang
Tentara Pasukan Bela Diri Maritim Jepang menonton pesawat MV-22 Osprey AS di atas kapal perusak JS Kaga selama Keen Sword, di tengah laut lepas pantai selatan Jepang, 26 Oktober 2020. Foto/REUTERS/Tim Kelly
A A A
TOKYO - Beberapa senjata berat yang dibawa Amerika Serikat (AS) ke Jepang untuk latihan bersama akan tetap ada di sana untuk sementara waktu.

Komandan Angkatan Darat AS di Pasifik Jenderal Charles Flynn mengungkapkan hal itu kepada Reuters.

“Ini adalah kesempatan bagi kami untuk terus meningkatkan kemampuan,” papar Flynn, seperti dikutip kantor berita Reuters, Jumat (9/9/2022).

Pada Kamis, Flynn mengunjungi Pulau Amami Oshima untuk memeriksa pangkalan militer yang dioperasikan Pasukan Bela Diri Darat Jepang (GSDF).

Baca juga: Polandia Dituding Incar Lebih Banyak Wilayah Negara Tetangga Ceko

Fasilitas tersebut, yang dibuka pada 2019, terletak di tepi Laut China Selatan yang diperebutkan dan berjarak sekitar 850 km dari Taiwan, titik panas meningkatnya ketegangan AS-China.

Selama konferensi pers bersama dengan Kepala Staf GSDF Jenderal Yoshihide Yoshida, jenderal AS yang berkunjung itu mengatakan kehadiran militer AS di Jepang membantu "mencegah perilaku buruk" oleh negara-negara lain.

“Lokasi pulau itu penting secara strategis untuk melawan China,” tegas Flynn.

Baca juga: Postingan BBC tentang Ratu Elizabeth II dan Afrika Picu Kemarahan

Pejabat AS juga memeriksa instalasi militer pulau itu dari helikopter dan diberi tur rudal anti-kapal Jepang Tipe 12 yang ditempatkan di sana.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1904 seconds (10.55#12.26)